Cerdas Mengajar Al Quran

Cerdas Mengajar Al Quran

Inmas Kabupaten Bekasi (Inmas kabupaten Bekasi)

Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) Kabupaten Bekasi  mengadakan Pelatihan Guru TKQ,TPQ TQA Se- Kabupaten Bekasi. Pelatihan ini bertemakan “ Cerdas Mengajar Al-Qur’an dengan   media pembelajaran Berbasis ICT”,Sabtu, 26/3 di gedung Wibawa Mukti Pemerintah Kabupaten Bekasi. Peserta terdiri dari guru TKQ,TPQ,TQA perwakilan dari 23 Kecamatan se-kabupaten Bekasi.

Dalam Kegiatan tersebut, Kepala Kankemenag Kabupaten Bekasi, Shobirin memberikan apresiasi dan terima kasih kepada  FKPQ Kabupaten Bekasi yang telah menggagas dan menyelenggarakan pelatihan guru TQA,TPQ, TQA se- Kabupaten Bekasi. Diharapkan para peserta yang merupakan guru, ustadz, ustadzah  dapat antusias mengikuti pelatihan tersebut dan berharap bisa bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan TQA,TPQ, TQA serta dapat membumikan Alqur’an khususnya di kabupaten Bekasi. Selain itu, dapat mengembangkan syiar islam di Indonesia.

Shobirin mengatakan peran, tugas dan fungsi pendidik atau guru menjadi garda terdepan untuk menyelamatkan anak , membangun peradaban yang madani dan membumikan Al-Qur’an di negara Indonesia.

“seiring dengan perkembangan teknologi informasi maka para guru juga harus berpikir jauh kedepan atau visioner tentang teknologi informasi harus menjadi subyek perubahan (agen  of change ) dengan menguasai sistem pembelajaran berbasis ICT,” Ujaarnya. 

Sementara itu Ketua FKPQ Kabupaten Bekasi Ust.Mustaghfirin,MF,S.Pd.I menerangkan FKPQ adalah suatu lembaga Forum Komukasi pendidikan Al-Qur’an yang berada di bawah Kementerian Agama atau perpanjangan tangan dalam hal ini PD Pontren. FKPQ bertugas membina, mengembangkan dan meningkatkan kulitas guru TQA,TPQ,TQA .

Lebih lanjut ia mengatakan, pelatihan ini merupakan program program FKPQ Kabupaten Bekasi jangka panjang tahunan. Selain itu program FKPQ adalah wisuda bersama dimana pengurus kecamatan menyelenggarakan di kecamatan masing-masing namun apabila belum siap maka bisa di gabung. Selanjutnya melantik kepengurusan FKPQ kecamatan sejalan dengan itu ada program bersama dengan PD Pontren  menyelenggarakan pelatihan secara gratis.

Lebih jauh dirinya mengatakan tujuan melalui pelatihan ini diantaranya bisa mengkombinasikan pengajaran kepada santri atau anak didiknya supaya tidak monoton. Dengan belajar ICT dapat memberi informasi secara langsung salah satunya  via email  terkait kegiatan pengajaran dan kegiatan lainnya seperti materi manajemen TPQ, pemebelajaran TPQ, kurikulum, problem solving dan buku panduan.

“ Tujuan FKPQ bukan untuk memajukan organisasiya akan tetapi untuk memajukan pendidikan Alqur”an sehingga tugas TPQ dapat dikenal masyarakat” pungkasnya.

Kontributor : Denden Zenal Mutaqin


Dibaca: 431 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter