Cegah Maraknya Perceraian, Kemenag Berikan Bimbingan Pra nikah

Cegah Maraknya Perceraian, Kemenag Berikan Bimbingan Pra nikah

Awipari (INMAS Kota Tasikmalaya) Dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga di kalangan masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya melalui Seksi Bimas Islam mengadakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi Remaja Usia Nikah, Selasa (8/6). Acara dibuka secara resmi oleh Kasi Bimas Islam , H. Danial Abdul Kholik, 

Kegiatan bimbingan dan pembinaan pada kaum remaja usia nikah ini dilangsungkan di ruang belajar komplek Pesantren Bahrul Ulum KH. Bustomi, Awipari Tasikmalaya. Jumlah peserta sebanyak 30 orang mereka adalah santri sekaligus siswa madrasah kelas XI di MAN 1 Kota Tasikmalaya.

Diminta keterangan di lokasi salah satu JFU pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Aos Mahrus sampikan latar belakang dilaksanakannya kegiatan bimbingan pernikahan bagi remaja usia sekolah adalah karena hal ini merupakan program seksi Bimas islam.,Selain itu mengingat  usia ideal menikah adalah 25 tahun bagi laki-laki dan perempuan minimal 21 tahun, namun seiring maraknya pergaulan bebas di era milenial ini, banyak kasus yang tidak diinginkan yang menimpa remaja salah satunya adalah pernikahan dini.

“Remaja perlu dibekali wawasan dan Pendewasaan usia nikah sejak anak pelajar sangat penting diberikan sebab memang masih ada pernikahan dini”, ujarnya.

Dalam menjalankan program ini Kementerian Agama bersinergi dengan berbagai pihak diantaranya madrasah, unsur dari pemerintahan dan mitra kerja lainnya. Seperti halnya kegiatan sekarang, kemenag gandeng Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren  guna melakukan sosialisasi bimbingan pra nikah.

Semoga melalui kegiatan bimbingan pra nikah bagi usia remaja menjadi salah satu upaya menambah wawasan bagi calon pengantin untuk menghindari terjadi perceraian di usia perkawinan yang masih muda karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang matang. 

Kontributor : Yeni Rohayati



Dibaca: 14 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter