Calon Haji, Berikut Ini Dokumen yang Perlu Dibawa Saat Berhaji

Calon Haji, Berikut Ini Dokumen yang Perlu Dibawa Saat Berhaji


Sunyaragi (HUMAS Kota Cirebon)

Keberangkatan jemaah haji secara nasional telah dimulai sejak awal Juni 2022, sementara keberangkatan Jemaah haji Kota Cirebon akan dilaksanakan pada 28 Juni 2022. Ada sejumlah dokumen yang perlu untuk dibawa terkait ibadah haji ini guna memperlancar perjalanan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Dr. H. Moh. Ahsan, M.Ag., menyebut bahwa dokumen merupakan bagian yang tak luput untuk dipersiapkan calon haji.

“Ketika orang melaksanakan ibadah haji, ada yang harus dipersiapkan. Yang perntama adalah persiapan fisik, yang kedua adalah persiapan mental. Pada zaman covid sekarang, persiapan fisik dan mental sama pentingnya. Adapun hal selanjutnya dipersiapkan adalah dokumen,” ungkapnya pada pembukaan Sosialisasi Penyelesaian Dokumen dan Perlengkapan Haji Tahun 2022 di aula Kankemenag Kota Cirebon (13/6).

Moh. Ahsan merinci dokumen dimaksud yakni paspor dan dokumen kesehatan, seperti kartu kesehatan Jemaah haji (KKJH), dokumen bukti istita’ah, dokumen vaksin, dokumen tes PCR, dan bukti hasil pemeriksaan wanita usia subur (WUS).

Pada kegiatan ini, lima puluh tamu undangan hadir, yang berasal dari unsur kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU), jemaah haji, penghulu, dan penyuluh agama Islam.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Hj. Rokhyatun, M.Pd.i selaku penyelenggara kegiatan menyebutkan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk mentransfer informasi teraktual terkait pemberangkatan Jemaah haji. Melalui sosialisasi ini, jemaah haji, khususnya asal Kota Cirebon, diharapkan dapat melakukan persiapan yang matang jelang keberangkatan. Terlebih, tahun ini ibadah haji dilaksanakan pada musim panas, diprediksi suhu udara di Arab Saudi mencapai 43-45 derajat celcius.

Berkenaan ini, Jemaah haji diimbau mempersiapkan alat pelindung diri yang memadai.

“Ada sejumlah APD yang dapat Jemaah haji gunakan untuk menghindari panas, di antaranya topi/payung. Usahakan hindari warna hitam, karena warna tersebut menyerap panas dan membuat tubuh kita akan terasa semakin gerah,” ungkap dr. Teguh Zulfikar Hamzah yang merupakan tim medis Jemaah haji Kota Cirebon.

Kontributor : Haji Arif Arofah

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 47 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter