Buka SKKNI, Kakanwil Harapkan Amil Zakat Jabar Profesional dalam Pengelolaan Zakat

Buka SKKNI, Kakanwil Harapkan Amil Zakat Jabar Profesional dalam Pengelolaan Zakat

Bandung (INMAS Bidang Penaiszawa)

Zakat merupakan instrumen sosial keumatan yang mempunyai peran penting di dalam masyarakat dan kehidupan berbangsa sehingga sangatlah penting dalam pengelolaan membutuhkan amil zakat yang profesional. Menggagas hal tersebut, Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat melalui Bidang Penaiszawa menggelar Kegiatan Workshop Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Jawa Barat Tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 8 dan 9 April dan bertempat di Hotel Mutiara Bandung dengan jumlah 31 peserta berasal dari lembaga zakat. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, sekaligus memberikan arahan dan materi melalui media daring.

Pada arahannya, Adib, mengutarakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan utuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para amil zakat agar dapat melaksanakan tugasnya dalam mengelola zakat yang baik dan benar.

"Apabila dilihat dari jumlah penduduk Muslimnya yang sangat besar, maka Jawa Barat memiliki potensi zakat yang sangat besar. Hal ini juga tergantung pada pengelolaan zakat yang dilakukan secara profesional," tutur Adib.

Potensi zakat yang dikelola dengan baik, Adib optimis bahwa zakat akan menjadi kekuatan yang besar bagi perekonomian masyarakat.  

Adib pun menyoroti bahwa pada kenyataannya kesadaran masyarakat dalam menunaikan zakat masih rendah sehingga potensinya pun masih belum maksimal.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19, tambahnya, keadaan perekonomian masyarakat banyak yang terpuruk sehingga dibutuhkan bantuan untuk pemulihannya. "Tercatat bahwa Baznas Jawa Barat melalui dana sosial keagamaan memiliki potensi yang cukup besar dalam membantu pemulihan perekonomian umat," tuturnya.

Bahkan, Adib menjelaskan bahwa di dalam Renstra Kementerian Agama RI tahun 2020-2024 tertera pemanfaatan ekonomi keagamaan akan difokuskan pada pembangunan agama, pendidikan, dan pengentasan kemiskinan.   

"Maka dari itu, dengan adanya workshop ini diharapkan para amil zakat dapat memiliki standar kompetensi yang profesional dalam pengelolaan zakat," harap Adib.

Kontributor: Novam Scorpiantrien 


Dibaca: 27 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter