Buka Rakor, Kakanwil: Kompetensi Kepala Madrasah Tentukan Kualitas Madrasah

Buka Rakor, Kakanwil: Kompetensi Kepala Madrasah Tentukan Kualitas Madrasah

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang Pendidikan Madrasah)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, dalam arahan dan sambutannya sebelum membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah Tahun 2021, menekankan terhadap perbaikan kualitas pendidikan madrasah di Jawa Barat, Kamis (24/6).

Adib, yang didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Yusuf, mengatakan bahwa pendidikan agama yaitu madrasah dan pondok pesantren merupakan pelayanan paling utama yang diprioritaskan oleh Kementerian Agama.

"Sebagian besar anggaran Kementerian Agama adalah untuk kebutuhan dan kepentingan pendidikan madrasah dan pondok pesantren, bahkan saat ini dana SBSN juga diperuntukkan bagi peningkatan fasilitas madrasah," ujarnya.

Sehingga, Adib, berharap madrasah di Jawa Barat memiliki kualitas di atas rata-rata provinsi yang lain dan mengantarkan madrasah hebat bermartabat serta go international yang merupakan jargon madrasah Jawa Barat.

"Maka dari itu diperlukan sinergitas program kinerja antara semua pihak terkait yaitu Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Barat, Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab/kota, dan lembaga-lembaga pendidikan madrasah yang menjadi mitra kerja," kata Adib.

Adib menilai bahwa kerja keras dan kerja cerdas ini harus dimulai dari sekarang agar target untuk memberikan pelayanan terbaik pada pendidikan madrasah dapat terrealisasi sedini mungkin.

"Madrasah unggulan tentunya akan menciptakan generasi yang andal dan cerdas sehingga lulusannya diharapkan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tidak hanya skala nasional tetapi juga internasional," ujar Adib.

Masih dihadapan para peserta secara virtual, Adib, mengingatkan kepada Kepala Madrasah untuk meningkatkan kompetensi dan kreatifitas karena kualitas madrasah tergantung pada pola pikir dan inovasi seorang Kepala Madrasah.

Adib juga menginginkan Kepala Madrasah Aliyah untuk mendata siswa-siswi yang berhasil meneruskan pendidikannya ke jenjang perkuliahan terutama yang berhasil lulus di PTN.

"Saya minta nanti datanya dihimpun di Bidang Pendidikan Madrasah. Hal ini dilakukan agar kita dapat mengevaluasi keberhasilan Madrasah Aliyah di Jawa Barat sehingga kita bisa melakukan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan madrasah di Jawa Barat," kata Adib.

Mengakhiri arahannya, Adib, meminta dengan diselenggarakannya kegiatan ini akan dapat merumuskan program kinerja yang dapat meningkatkan mutu pendidikan madrasah baik kualitas materi pengajaran dan tata kelola manajemen madrasah.

 Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Barat dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 24-25 Juni 2021 dan dilakukan secara virtual untuk menghindari meningkatnya angka penyebaran Covid-19.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 127 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter