Buka Raker Kab. Sukabumi, Kakanwil: Saatnya Ubah Mindset Revitalisasi Pelayanan

Buka Raker Kab. Sukabumi, Kakanwil: Saatnya Ubah Mindset Revitalisasi Pelayanan

Cianjur (INMAS Bagian Tata Usaha)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, berkesempatan memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Rapat Kerja di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Sukabumi pada Hari Selasa (15/6), di Hotel Sangga Buana Cianjur.

Pada arahannya, Adib, yang didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sukabumi, Hasen, menjelaskan program prioritas Kementerian Agama di tahun 2021. Adib menegaskan, “Program prioritas Kementerian Agama yang dirumuskan pada Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama merupakan maklumat untuk dapat kita dukung dan wujudkan bersama.”

Sesuai dengan tema Raker yaitu Percepatan Transformasi Pelayanan Digital, Adib, mengatakan bahwa Kementerian Agama sebagai perwakilan pemerintah dituntut untuk melakukan pembenahan-pembenahan pada pelayanan seiring dengan tantangan dan perkembangan zamannya.

“Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar terhadap sistem kinerja kita termasuk pelayanan kepada masyarakat. Walaupun diterapkan protokol kesehatan yang ketat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tetapi tetap hal ini tidak boleh dijadikan hambatan,” ujarnya.

Maka dari itu, Adib, mengutarakan 3 program revitalisasi pelayanan yang harus segera dilaksanakan untuk mewujudkan program prioritas Kementerian Agama. “Pertama yaitu Revitalisasi pelayanan agama, saat ini pelayanan digitalisasi menjadi pilihan utama sebagai inovasi pelayanan di tengah pandemic sehingga masyarakat tetap dapat terlayani dengan mudah dan cepat tanpa harus bertatap muka dengan waktu yang lama,” ujarnya.

Kemudian yang kedua adalah Revitalisasi Pendidikan, Adib, menganggap pembelajaran via daring sudah dapat dilalui selama pandemi dan diharapkan setiap metode pembelajarannya dapat disajikan secara menarik sehingga anak didik tidak merasa bosan dan jenuh selama PJJ.

“Dan yang terakhir adalah revitalisasi tata kelola pemerintahan demi mewujudkan good government,” ucapnya.

Program prioritas Kementerian Agama yang sampai saat ini masih digencarkan yaitu moderasi beragama. “Moderasi beragama bukan hanya berbicara mengenai agama tetapi juga kehidupan sosial di tengah masyarakat. Diharapkan dengan pemikiran moderat konflik kerukunan umat beragama dapat terselesaikan sehingga dapat menjaga persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Selanjutnya, Revitalisasi KUA sebagai inovasi pelayanan langsung kepada masyarakat. “Saat ini KUA bukan lagi hanya sebagai tempat nikah dan rujuk, tetapi ada 11 layanan KUA yang harus diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Maka dari itu, lanjutnya, KUA saat ini harus ditingkatkan pelayanannya dengan menggunakan teknologi digital sehingga dapat memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Bahkan KUA juga dapat berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk meningkatkan pelayanannya,” ucapnya.

“Alhamdulillah, dari 6 KUA se-Indonesia yang dijadikan percontohan sebagai Revitalisasi KUA, Jawa Barat memperoleh 1 KUA yaitu KUA Ciawigebang di Kabupaten Kuningan. Semoga ini dapat dijadikan standar bagi KUA yang lainnya,” katanya.

Menutup arahan dan sambutannya, Adib, menegaskan bahwa Rapat Kerja yang diselenggarakan oleh Kankemenag Kab. Sukabumi harus dapat merumuskan strategi untuk melaksanakan program prioritas Kementerian Agama.

Rapat Kerja di lingkungan Kankemenag Kab. Sukabumi dihadiri oleh pegawai, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Pengurus Pokjaluh, dan Pengurus Pokjawas, diselenggarakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 15-16 Juni 2021.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 82 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter