Bincang Madrasah, Kakankemenag Ajak Perkuat Niat Tingkatkan Mutu Madrasah

Bincang Madrasah, Kakankemenag Ajak Perkuat Niat Tingkatkan Mutu Madrasah

Metro Hotel (INMAS Kota Tasikmalaya)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya H.M Ali Abdul Latief dalam kegiatan bincang madrasah sekaligus Musyawarah Darah (Musda) 3 Pekumpulan Guru Madrasah (PGM) tegaskan beberapa poin penting bagi para pejuang pendidikan. Kegiatan berlangsung di Ballrom Metro Hotel Senin (6/6) dihadiri oleh unsur dari pemerintah daerah, DPRD dan tentunya para guru madrasah.

H. Ali memberikan apresiasi atas semua upaya yang telah dilakukan semua pihak dalam rangka meningkakan mutu dan kualitas pendidikan madrasah. Sehingga tanpa kita sadari sekarang orang sudah tidak lagi merasa malu menitipkan putra – putrinya menempuh pendidikan di madrasah.

“Dulu ketika orang tua ditanya, anaknya sekolah dimana, menjawab d madrasah itu pasti suaranya lirih hampir tidak terdengar, beda dengan sekarang”, ujarnya.

Artinya kita sudah mencapai apa yang menjadi slogan yaitu madrasah hebat, tinggal bagaimana kita membangun madrasah bermartabat, sambung kakankemenag. Madrasah  hebat bermartabat adalah madrasah yang kuat memiliki karakter dan harga diri ditambah memiliki keunggulan.

Berbicara masalah keunggulan, Ia menceritakan pengalaman tahun 2017 melakukan study banding ke madrasah tsanawiyah 1 malang, madarsah tersebut dikenal sebagai madrasah yang memiliki keunggulan bahkan saking minatnya orang tua menitipkan anaknya ke madrasah, pendaftaran untuk 3 tahun ke depan sudah penuh.

Karena penasaran sekaligus tertarik, ia lantas menanyakan apa yang menjadi rahasia sehingga madrasah bisa seunggul itu. Kepala MTsN 1 Malang ugkapkan keunggulan madrasah berawal dari mimpi mobil – mobil mewah yang biasanya parkir di dekat madrasah bisa parkir di dalam madarsah. Dengan kata lain kepala madrasah memiliki mimpi, ambisi dan kemauan yang kuat untuk bisa menjadi yang terbaik.

“Kuatan mimpi ini berwujud hingga mtsn 1 Malang menjadi role model dan tujuan study banding bagi madrasah – madrasah lain di indonesia”, jelasnya.

Hal ini menurut H. Ali menjadi motivasi bagi pejuang pendidikan madrasah Kota Tasikmalaya untuk memperbaiki niat, menguatkan tekad. Sebagaimana tuntunan ajaran islam bahwa innamal’a’malu binniat, segala sesuatu dimulai dari niat. Bahkan 8 standar pendidikan tidak akan maksimal tanpa dilandasi dengan niat yang kuat.

“Artinya mari kita awali niat kita bersama untuk tingkatkan madrasah ini dengan segala apa yg kita miliki, potensi dan kekurangan kita, sebagaimana dalam lirik di mars madrasah, RA , MI, MTs , MA bahu membahu mencerdaskan kehidupan bangsa, bagaimana karakter ,keunggulan kita , dikeluarkan sg bisa meningkatkan mutu madrasah”, ajaknya.

 


Dibaca: 23 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter