Bimbingan Perkawinan, Kepala Kantor Sampaikan Membangun Ketahanan Keluarga

Bimbingan Perkawinan, Kepala Kantor Sampaikan Membangun Ketahanan Keluarga

Kawalu (HUMAS Kota Tasikmalaya)

Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya mengadakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin di KUA Kawalu pada Selasa (24/5). Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya Drs. H. Mohammad Ali Abdul Latief, M.Ag membuka sekaligus memberikan materi Bimbingan Perkawinan ini didampingi Penyuluh Agama Fungsional H. Ence.

Kepala Kantor menyampaikan tentang mempersiapkan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah. Menurutnya membangun ketahanan keluarga di era modern setidaknya perlu adanya lima aspek ketahanan keluarga. Adapun lima aspek ketahanan keluarga, yaitu; memiliki kemandirian nilai, kemandirian ekonomi, tahan menghadapi goncangan keluarga, keuletan, dan ketangguhan dalam memainkan peran sosial, serta mampu menyelesaikan problema yang dihadapi.

Dalam membina kehidupan berumah tangga ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing suami dan istri. Kewajiban suami kepada istri adalah mempergaulinya secara ma’ruf, memberinya nafkah, lahir dan batin, mendidik istri, dan menjaga kehormatan istri dan keluarga.

"Suami istri itu harus mengetahui hak dan kewajiban. Menikah itu bukan hanya kepada pasangan tetapi juga kepada keluarganya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kepala Kantor mengungkapkan kewajiban bersama suami istri yakni menjaga iman dan meningkatkan ketaqwaan, menjaga agar senantiasa taat kepada Allah, yang diwujudkan dalam sikap menjadikan syariat Islam sebagai tolok ukur perbuatan (miqyasu al-’amal) dalam semua aspek kehidupan, seperti beribadah bersama, menjaga makanan dan minuman agar halal, selalu menutup aurat, dan mendidik anak agar menjadi anak yang shaleh.

"Bila semua hak dan kewajiban  suami dan istri serta kewajiban bersama ditunaikan dengan sebaik-baiknya, Insya Allah keluarga sakinah akan terwujud,"ungkap Kepala Kantor.

Kegiatan Bimbingan Perkawinan merupakan program Kementerian Agama RI yang dibiayai dari  PNBP NR.  Dasar Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan  berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 373/2017, tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi calon Pengantin.

Kontributor : Shinta Wulan Anggraeni

Editor : Tri Budiono

 


Dibaca: 32 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter