BI Luncurkan 1000 QRIS Rumah Ibadah di Jawa Barat, Ini Testimoni Kakanwil

BI Luncurkan 1000 QRIS Rumah Ibadah di Jawa Barat, Ini Testimoni Kakanwil

Masjid Raya Bandung (INMAS Bidang Urais dan Binsyar)

Bersama Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Barat, H. Adib, menghadiri peluncuran 1000 Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Rumah Ibadah Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Rabu (29/7), di Masjid Raya Bandung.

Pada kesempatannya memberikan testimoni mengenai inovasi digital ini, Adib, menyambut baik dan antusias terhadap program yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. "Dengan adanya QRIS dapat memudahkan masyarakat untuk memberikan infak, zakat, dan sedekah kepada masjid-masjid yang ada di Jawa Barat," tuturnya.

"Inovasi terdepan ini merupakan dukungan terhadap program agama dan keagamaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal. Apalagi saat ini di tengah Pandemi Covid-19, pembayaran non tunai sangat dianjurkan untuk mengurangi kontak langsung sehingga dapat dijadikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan tempat ibadah," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan QRIS masyarakat akan merasa mudah dan aman dalam menyalurkan donasinya. 

Akhir testimoninya, Adib, mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas inovasi ini yang mendukung digitalisasi pembayaran infak, zakat, dan sedekah.

Ia berharap program ini akan dapat menggerakan masyarakat secara luas untuk lebih aktif dalam menyalurkan infak, zakat, dan sedekahnya di masjid.

Ridwan Kamil, pada sambutan sekaligus peresmian program ini, mengungkapkan bahwa masjid di Jawa Barat sangat berpotensi untuk memberdayakan infak, zakat, dan sedekah serta donasi lainnya.

"Masjid dan mushola di Jabar ada sekitar 128 ribuan, kalau bisa dilakukan serentak, maka pengumpulan zakat dan sumbangan lain bisa lebih akurat dan cepat. Kencleng masjid bisa langsung pakai hape bayarnya," jelasnya.

Program 1000 QRIS Rumah Ibadah ini diharapkan kedepannya dapat ditambah hingga tersebar ke seluruh masjid yang ada di Jawa Barat.

BI melakukan digitalisasi pembayaran dalam transaksi kegiatan ibadah keagamaan, berkoordinasi dengan Bank Mandiri, Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia dan MUI serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Jabar. 

Kontributor: Novam Scorpiantrien


Dibaca: 48 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter