BHRD Kota Banjar Rencanakan Pemindahan Lokasi Rukyatul Hilal

BHRD Kota Banjar Rencanakan Pemindahan Lokasi Rukyatul Hilal

Pataruman (INMAS Kota Banjar)

Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kota Banjar merencanakan untuk pemindahan lokasi kegiatan rukyatul hilal yang semula bertempat di Gunung Babakan Kecamatan Purwaharja, direncanakan pindah ke gunung kawasan Lembaga Pemasyarakatan (lapas) II Banjar wilayah Kecamatan Pataruman. Dalam persiapan perpindahan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjar, Dr. H. Badruzaman, M.Pd. beserta Ketua BHRD Kota Banjar, H. Badar Ismail, S.Hi dan Kepala Seksi Bimas Islam, Drs. H. Dadang Solihin meninjau langsung lokasi baru untuk kegiatan rukyatul hilal di lingkungan Lapas II Banjar.

Kakemenag Kota Banjar menilai lokasi baru yang berlokasi di gunung kawasan Lapas Kota Banjar untuk kegiatan rukyatul hilal sangatlah strategis, selain lokasinya mudah dijangkau juga ada beberapa fasilitas lain yang mungkin bisa dipergunakan oleh para peserta rukyatul hilal.

“Kalau lokasinya di Lapas Banjar, jelang waktu magrib peserta rukyatul hilal tidak akan kebingungan untuk mengambil air wudhu dan solat magrib, karena di lapas sudah lengkap fasiltas WC dan masjidnya. Tinggal nanti BHRD mengajukan permohonan pinjam tempat kepada Kepala Lapas Banjar.” tutur H. Badruzaman.

Perpindahan lokasi rukyatul hilal ini pun mendapatkan sambutan yang baik dari Kepala Lapas Kelas II Kota Banjar, Muhammad Maulana, A.Md., Ip. MH. beserta jajarannya. Bahkan Kepala Lapas siap membantu untuk memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh Tim BHRD Kota Banjar termasuk untuk bangunan sarana kegiatan.

Alhamdulillah, dukungan Kalapas Bota Banjar Bapak Muhammad Maulana sangat luar biasa. Saat ini beliau tengah membangun sarana kegiatan Hisab Rukyat dimaksud. Rencananya lokasi yang baru ini siap mulai dioperasikan akhir Ramadhan 1442 H. Khususnya terdekat, bisa digunakan untuk penentuan 1 Syawal 1442 H.” ujar H. Badruzaman.

Sementara itu Ketua BHRD Kota Banjar mengatakan, mengenai perpindahan lokasi rukyatul hilal dari gunung Babakan ke Gunung Lapas Kota Banjar tidak menjadi kendala bagi Tim BHRD Kota Banjar. Karena secara teknis perlengkapan untuk kegiatan rukyatul hilal tidak tersimpan secara menetap di suatu tempat, bisa dibawa kemana saja.

“Kalau melihat perbandingan antara gunung babakan dan gunung Lapas Banjar memang lebih tinggi gunung babakan. Tapi yang paling penting kita masih bisa melihat arah tenggelamnya matahari.” kata H. Badar.


Kontributor : Aep Saepulloh

Editor : Nunik


Dibaca: 41 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter