BAN PAUD PNF : Akreditasi RA tahun 2021 Simpel dan cukup Mudah

BAN PAUD PNF : Akreditasi RA tahun 2021 Simpel dan cukup Mudah

Tawang (INMAS Kota Tasikmalaya)

Kementerian Agama Kota Tasikmalaya melalui Seksi Pendidikan Madrasah gelar kegiatan sosialisasi akreditasi bagi lembaga Raudlatul athfal yang akan mengikuti penilaian akreditasi tahun 2021. Bertempat di Aula Kankemenag Kota Tasikmalaya Selasa (8/6)dihadiri oleh  27 lembaga RA. Menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini adalah Dety Oktariny salah satu guru RA yang juga adalah Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Formal (BAN PAUD dan PNF).

Perempuan cantik yang selalu tampil ceia ini sampaikan materi terkait apa saja yang harus dipersiapkan bagi lembaga RA sebelum mengikuti proses penilaian akreditasi. Berdasarkan keputusan Mendikbud nomor 71/P/2021  tentang perangkat akreditasi satuan pendidikan anak usia dini dijelaskan bahwa dalam rangka pengajuan akreditasi satuan pendidikan diwajibkan untuk mengisi Penilaian Pra syarat Akreditasi (PPA).

“PPA ini dapat diakses melalui website BAN PAUD dan PNF atau sispena 3.0, bisa diakses siapapun dengan cara mengisi user name sesuai dengan NPSN masing – masing”,jelaskan.

Ada beberapa data dan dokumen yang harus diunggah yaitu  standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pendidikan, standar pengolahan, standar pembiayaan, serta standar penilaian.

“Perangkat akreditasi ini menjadi rujukan atau panduan bagi lembaga dikala mengikuti akreditasi”, imbuhnya.

Ada yang istimewa dalam pelaksanaan akreditasi tahun 2021 , berbeda dengan akreditasi tahun sebelumnya. Akreditasi tahun sekarang bisa dikatakan cukup mudah dan simpel dilihat dari butir - butir yang diupload. Tahun 2018 ada sekitar 60 butir , 2019 ada 40 butir , tahun 2020 ada 30 butir dan untuk tahun 2021 hanya ada 23 butir saja.

“Kegiatan ini menjadi wadah untuk membedah dan berdiskusi bersama mengenai ke 23 yang  akan diupload disispena”, jelasnya.

Kontributor : Yeni Rohayati



Dibaca: 51 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter