ANGGOTA ESKTRAKURIKULER JURNALIS MAN 4 KARAWANG IKUTI SEKOLAH JURNALISTIK

ANGGOTA ESKTRAKURIKULER JURNALIS MAN 4 KARAWANG IKUTI SEKOLAH JURNALISTIK

Kutawaluya ( INMAS Kab. Karawang )

Di masa pembelajaran jarak jauh saat ini, anggota ekstrakurikuler jurnalis media anak negeri tetap aktif mengikuti kegiatan webinar untuk mengasah kemampuannya di bidang jurnalistik. Salah satunya adalah kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Banten (HMB Jakarta) yaitu kegiatan sekolah jurnalistik, 16 Juli 2021 hingga  17 September 2021 mendatang. Kegiatan pelatihan virtual ini diadakan setiap Jumat malam pukul 20:00 WIB.

Jum'at (16/07/2021) kali pertama kegiatan sekolah jurnalistik ini diadakan, Anggota media anak negeri sangat berantusias sekali dalam mengikuti kegiatan webinar ini. Ada banyak materi yang akan dipelajari setiap minggunya. (1) Jurnalisme dan dasar-dasar jurnalistik, (2)Teknik reportase, (3)teknis menulis berita, (4)Teknik menulis essay, (5)Teknik menulis artikel, Teknik menulis feature, (7)Teknik menulis cerpen, (8)Pelatihan menulis kritik sastra, (9)Pelatihan Infografis dan (10) Bahasa dan Kode Etik Jurnalistik. 

Pada pertemuan pertama kegiatan sekolah jurnalistik diisi oleh Dr. Deden Mauli Darajat, M. Sc selaku Direktur eksekutif pusat pengkajian komunikasi FIDKOM dan media UIN Jakarta dengan membahas "jurnalisme dan dasar-dasar jurnalistik".

Dr. Deden mauli Darajat, M. Sc  mengatakan “Sekolah Jurnalistik HMB Jakarta merupakan terobosan yang luar biasa di tengan pandemi Covid-19. Gerakan pembelajaran ini, gerakan yang menghidupkan optimisme-optimisme kita dalam melihat masa depan di tengah kehidupan kita yang serba tidak menentu hari ini.”

“Dengan adanya sekolah jurnalistik HMB Jakarta diharapkan bahwa optimisme kita dalam menghadapi hidup ini tetap menyala dan tetap memberi cita-cita luhur kita terhadap pendidikan sebagai salah satu poin penting perubahan, baik untuk diri kita sendiri maupun untuk lingkungan, lebih besar lagi untuk dunia," tambah Dr. Deden Mauli Darajat, M. Sc

Ilmu yang diberikan tentunya sangat bermanfaat sekali bagi para anggota media anak negeri karena ini merupakan dasar dari jurnalistik yang dapat digunakan saat terjun langsung kelapangan untuk mencari berita.

Deden juga selaku jurnalis Republika menyampaikan materi dengan sangat efektif sehingga terjadilah percakapan bahasan yang menarik mengenai cara menulis berita. 2 (dua) orang peserta dari MAN 4 Karawang berkesempatan untuk bertanya secara langsung mengenai materi yang disampaikan. Dua (2) orang tersebut adalah Nurmala dan Annisa Jasmine. 

Semangat dan dukungan dari pihak sekolah terus diberikan kepada anggota media anak negeri untuk terus aktif dimasa pandemi ini karena sayang sekali apabila banyak kesempatan seperti kegiatan webinar seperti ini kalau harus terlewatkan.

Harapan kami selaku keluarga besar MAN 4 Karawang Semoga Eskul Media Anak Negeri ini akan mempunyai wawasan yang lebih luas lagi sehingga dengan mengikuti kegiatan-kegiatan semacam ini akan menambah kwalitas dan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan informasi ,ungkap H. Muhamim Sarifulloh kepala MAN 4 Karawang.

Kontributor : Denden / Muhamim Sarifulloh

Editor : Tri Budiono


Dibaca: 21 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter