74 madrasah di wilayah Kemenag KBB diakreditasi

74 madrasah di wilayah Kemenag KBB diakreditasi

Padalarang – Kab. Bandung Barat

Sebanyak 74 Madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kantor Kabupaten Bandung Barat diakreditasi sepanjang tahun 2013 kemarin. Kedepan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Abdurahim mengatakan hendaknya bagi sekolah yang telah meraih akreditasi A dengan nilai terbaik pertama hingga ketiga dapat mempertahankan peringkatnya hingga 4 tahun dimana penilaian akan dilakukan kembali. Sedangkan lanjutnya bagi yang belum meraih peringkat dapat menjadi pemicu untuk turut menaikkan sarana dan prasarana belajar di sekolahnya hingga mendapat penilaian akreditasi yang positif.

 Untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah, terdapat 34 madrasah yang berhasil lolos akreditasi tahun 2013.  Dua diantaranya mendapatkan akreditasi A dengan nilai  tertinggi 87.00 yang diraih  MIS Cibungur I Cipeundeuy dan nilai 86.61 yang diraih MIS Cijawa Cipongkor. Sedangkan sisanya mendapatkan akreditasi B, yakni MIS Cikawao Saguling, MIS Darul Falah Jati Saguling, MIS Al Ikhwan Cililin, MIS Bongas I dan III Cililin, MIS Cijeruk Cililin, Mis Muslimin Kandang Sapi Cililin, MIS Muslimin Karanganyar Cililin, MIS Izzarul Huda Cipatat, MIS Cicauhen II Cipeundeuy, MIS Bojongloa Cipongkor, MIS Muslimin Cikadu Cipongkor, MIS Cilimus Cipongkor, MIS Muslimin Cibenda Cipongkor, MIS Pangkalan, Sukamanah dan Terpadu Fathul Ma’arif Cipongkor, MIS Al Badar, MIS Cihideung, MIS, Mnurul MIS Neglasari, MIS Nurul Hikmah, MIS Sindangsari II, dan MIS Al Inabah Gunung halu, MIS Muslimin Rasamala Rongga.

Untuk wilayah Sindangkerta terdapat MIS Muslimin Cikadu, MIS Pasirpogor II, MIS Tegalkoneng, MIS Wangun. MIS Pasir Bandung Rongga, MIS Daarul Ahkam dan Pasir Muncang Cipongkor.

Sementara untuk akreditasi Madrasah Tsanawiyah terdapat 32 Madrasah yang berhasil diakreditasi. Nilai tertinggi dengan akreditasi A diraih MTSS Nurul Huda Lembang dengan nilai 94,30 dan MTSS As Shofa Cisarua sebagai terbaik kedua dengan nilai 92, 39 dan ketiga adalah MTSS Al Mukhtariyah Mande Cihampelas dengan nilai 88, 13. Lima lainnya yang meraih akreditasi A adalah  MTSS Al Mubarokah Batujajar, MTSS Terpadu Al Bidayah Batujajar, MTSS Persis Cipada Cikalongwetan, MTSS Nurul Falah Cililin, MTSS Darul Fikri Cipongkor dan MTSS Muslimin Cicangkanggirang Sindangkerta. MTS yang meraih akreditasi B sebanyak 21 dan akreditasi C sebanyak 2 sekolah.

 

Untuk jenjang Madrasah Aliyah terdapat sebanyak 8 sekolah MA yang diakreditasi yakni MAS Banuraja Batujajar dengan nilai tertinggi yakni 91,29,  MAS Al Luthfah Cililin dengan nilai 86, 58 sebagai terbaik kedua dan terbaik ketiga dengan akreditasi B nilainya sebesar 82,43 diraih MAS Uswatun Hasanah Padalarang. 

Kontributor : Evi Agustin


Dibaca: 278 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter