20 Peserta Ikuti Kompetisi Islamic Animation Short Movie

20 Peserta Ikuti Kompetisi Islamic Animation Short Movie

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang Penaiszawa)

Setelah tertunda beberapa waktu yang lalu, akhirnya Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Jawa Barat menyelenggarakan penyeleksian Islamic Animated Short Movie Competition Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat, Kamis (29/7), di Ruang Rapat Simpadu Kanwil Kemenag Jawa Barat dan disaksikan secara daring leh seluruh peserta yang mengikuti kompetisi ini.

Menurut Efendi Rahmat, Kasi Pengembangan Seni Budaya Islam, Musabaqoh Al Quran dan Al Hadist, yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia kegiatan, bahwa peserta yang telah mendaftarkan diri dan mengirim hasil karyanya berjumlah 20 orang.

"Namun, hanya beberapa yang memenuhi syarat dan kriteria sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Setelah mengalami penundaan karena status PPKM Darurat, lanjutnya, maka saat ini langsung dilaksanakan penyeleksian oleh tim juri yang telah ditunjuk. "Jadi, akan ditayangkan video yang sesuai dengan kriteria dan kemudian langsung dinilai," katanya.

Efendi kembali menjelaskan bahwa hasil dari penyeleksian ini akan diambil 3 terbaik yang nantinya akan diajukan ke tingkat nasional. "Maka dari itu, penyeleksian ini akan dilakukan secara teliti dan seksama agar Jawa Barat dapat mengirimkan peserta terbaiknya sehingga mendapatkan juara ditingkat nasional," ungkap Efendi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Penaiszawa, Jamaludin, mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu sarana dakwah kekinian yang dapat diterima oleh masyarakat.

"Dunia dakwah mengalami  berbagai perkembangan, terutama di tengah pandemi Covid-19 dakwah dan syiar Agama Islam harus dilakukan dengan inovasi dan kreativitas yang mumpuni agar materi dakwah tersebut dapat diterima oleh masyarakat," jelas Jamal.

Hal ini pun dibenarkan oleh Direktur Penerangan Agama Islam, Syamsul Bahri, yang pada kesempatannya memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka penyeleksian Islamic Animated Short Movie Competition Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Dakwah atau syiar Agama Islam harus sudah dikenalkan sedini mungkin kepada anak-anak muda dengan cara yang sesuai dengan zamannya. Sudah saatnya kita mengawal generasi penerus untuk menjadi pendakwah milenial," tutur Syamsul Bahri.

Masih menurutnya, bahwa kegiatan yang diprakarsai oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag RI ini bertujuan untuk menggali potensi dakwah di kalangan anak muda. "Maka dari itu kegiatan ini bertemakan Aku Milenial Aku Sadar," tegasnya.

"Saya berharap Jawa Barat akan menghasilkan prestasi yang gemilang pada ajang ini sehingga film dapat dijadikan media dakwah bagi generasi milenial," harapnya.

Hasil penyeleksian ini direncanakan akan diumumkan dan diserahkan secara langsung kepada pemenang secara offline dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat yang akan langsung menyerahkan penghargaannya.

Kontributor: Novam Scorpiantrien  

 

 



Dibaca: 87 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter