135 JH Jabar Ajukan Pengembalian Pelunasan Bipih

135 JH Jabar Ajukan Pengembalian Pelunasan Bipih

Jl. Jend. Sudirman (INMAS Bidang PHU)

Sejak diterbitkan dan diumumkannya pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 1441H/2020M oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi, maka jemaah haji dapat melakukan permohonan pengembalian biaya pelunasan Bipih yang sudah dibayarkan. Sampai tanggal 30 Juni 2020 terdapat 135 Jemaah haji reguler dan 24 Jemaah haji khusus Jawa Barat yang sudah melakukan permohonan pengembalian pelunasan Bipih.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji, H. Gatot Fajar Arifianto, yang dihubungi melalui seluler, Selasa (30/6). 

"Sesuai dengan alur yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama RI bahwa Jemaah haji dapat mengambil kembali dana pelunasan Bipih dengan mengajukan permohonan ke Kementerian Agama Kab/kota domisili Jemaah haji," tutur Arif biasa disapa.

"Secara kolektif pengajuan permohonan tersebut akan disampaikan ke Ditjen PHU Kemenag RI dan akan diteruskan ke BPKH yang akan mengeluarkan Surat Perintah Membayar kepada BPS sehingga biaya pelunasan tersebut langsung ditransfer ke rekening milik jemaah haji," jelasnya.

Walaupun jemaah haji tersebut mengambil kembali dana pelunasannya, tambah Arif, Jemaah haji tersebut tetap diprioritaskan akan berangkat tahun depan kecuali jemaah haji tersebut mengambil juga uang setoran awal maka tahun depan harus mendaftar ulang apabila ingin melaksanakan ibadah haji.

Arif juga menjelaskan bahwa Jemaah haji yang tidak mengambil biaya pelunasan akan mendapatkan pembagian hasil dari optimalisasi dana yang sudah dibayarkan menjelang keberangkatan tahun depan.

"Biaya pelunasan jemaah haji yang batal berangkat tahun ini disimpan dan dikelola oleh BPKH, jadi jemaah haji tidak perlu khawatir karena dana tersebut aman," ujarnya.

Kontributor: Novam Scorpiantrien


 


Dibaca: 27 Kali

Sekretariat

Jl. Jenderal Sudirman No. 644

Bandung 40183 Jawa Barat Indonesia

Visitors Counter