Bimtek Pendampingan Kurikulum Madrasah Angkatan 1 dan 2

Rabu, 23-10-2019 | 10:42:15

Bandung (INMAS Kab. Sukabumi )

Bimbingan teknis (Bimtek) pendampingan kurikulum madrasah angkatan 1 dan 2 diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. Bertempat di Serela Riau Hotel Bandung, kegiatan bimbingan teknis diikuti oleh 120 orang se-Jawa Barat terdiri dari JFU Pengembang Kurikulum, Pengawas MI, MTs, dan MA se-Jawa Barat' Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu Hari Senin-Rabu (21-23/10).

Acara dibuka langsung oleh H. A. Buchori Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Senin (21/10), dan pada sambutannya beliau berpesan, “Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama. Kegiatan bimtek kurikulum harus dipahami, dicerna, dan di implementasikan.”

Sementara itu H. Abudin Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat berharap, “Setiap pemangku kepentingan madrasah harus ada perubahan mindset dalam tata kelola madrasah. KMA No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah dan KMA. No. 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah  akan diberlakukan mulai Tahun Pelajaran 2020/2021 jenjang MI, MTs, dan MA pada semua tingkatan.”

Erwan Hermawan JFU Pengembang Kurikulum Seksi Pendidikan Madarasah Kemenag Kab. Sukabumi yang ditemui Kontributor Inmas Kab. Sukabumi mengungkapkan kesannya terkait kegiatan tersebut, ”Kami optimis bahwa madrasah akan hebat dan bermartabat bila seluruh potensi peserta didik berkembang secara optimal, kemudian guru, kepala, dan pengawas madrasah merdeka belajar dan merdeka pikiran dan batinnya. Adanya KMA No. 183 Tahun 2019 dan KMA No. 184 Tahun 2019 akan memayungi inovasi dan kreativitas madrasah dalam pengembangan kurikulum dengan keragaman madrasah.”

Kontributor : Sri Ida

Editor: Novam S