HSN Tahun 2019, H. Suryana Menyampaikan Tiga Hal Yang Perlu Diingat

Selasa, 22-10-2019 | 20:40:10

Singaparna (INMAS Kab. Tasikmalaya) Pada tanggal 22 Oktober ini dilangsungkan peringatan Hari Santri Nasional, Hari Santri Nasional ini paling tidak ada 3 (Tiga) hal yang perlu kita ingat. Pertama adalah berdasarkan Historis, bahwa sejarah membuktikan peran eksistensi Kyai dan Santri untuk membela Agama dan Negara menjadi satu kesatuan dengan penuh semangat dan keikhlasan bahwa Islam akan jaya dalam keadaan negara yang aman, yang damai yang merdeka dari penjajah. Santri dengan Kyai penuh keikhlasan untuk membela negaranya agar ibadahnya hebat dan tenang dalam keadaan normal. Demikian disampaikan Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Suryana, M.SI saat menyampaikan ucapan selamat hari santri di Komplek Pesantren Cipasung Kabupaten Tasikmalaya. Senin (21/10/19).

Suryana menambahkan bahwa “Hari Santri Nasional ini adalah sebagai bukti pengakuan bangsa dan negara terhadap eksistensi kyai dan santri khususnya pondok pesantren. Sehingga dengan pengakuan ini menjadi hal yang sangat istimewa dan luar biasa.”

Pria yang juga pernah mondok di Pesantren Riyadul Wada’wah Condong Kota Tasikmalaya ini juga menyampaikan bahwa Santri harus mempunyai orientasi dan cita-cita kedepan, terlebih dunia yang semakin canggih dan informasi yang makin cepat diterima.

“Yang ketiga adalah orientasi masa depan, Hari Santri bagi Pondok Pesantren, Bagi Kyai dan Santri haris menjadi cita-cita kedepan, bahwa santri adalah harus mampu menjawab tantangan masa depan dengan tekhnologi, dengan media dengan informasi yang begitu hebat sehingga santri tidak ketinggal oleh siapapun.” Jelasnya

Lanjut Suryana, bahwa Santri harus bisa seimbang dalam memahami ilmu baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan lainnya. “Santri dengan dua kekuatan keilmuan pertama adalah mampu dengan memahami ilmu agama, mengeksplor apa yang ada dalam Al-Qur’an dan As-Shunah sebagai landasan agama dan kemudian yang kedua adalah Santri harus mampu menyeimbangkan dirinya dengan kemampuan-kemampuan orang yang berilmu diluar pondok pesantren. Oleh karena itu, santri akan luar biasa maka hari santri ini menjadi momentum bagi santri untuk menyiapkan diri menuju masa depan yang gemilang.” Tuturnya.

Terakhir ia menyampaikan ucapan “Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2019, semoga selamanya Santri Berjaya dan menjadi Harapan Generasi Penerus Bangsa.” Pungkasnya

Kontributor: Fajri Adi Nugraha