Pengawas MA Kab. Sukabumi: Penyusunan Dokumen Kurikulum Awal Perencanaan Mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat

Senin, 15-07-2019 | 06:38:17

Jampangkulon (INMAS kab.  Sukabumi) 

Bertempat di MA Nida Bahari Jampangkulon Kab.  Sukabumi  pada Senin (08/07/2019), Dr.  H.  Mulyawan Safwandy Nugraha selaku Pengawas Madrasah saat menjadi narasumber workshop Penyusunan Dokumen Kurikulum Sub KKMA Jampangkulon menyampaikan bahwa sudah saatnya madrasah mengubah mindset tentang Dokumen Kurikulum. 

Menurutnya, diduga madrasah masih belum serius melakukan penyusunan dokumen kurikulum. Hal ini terlihat misalnya,  dari temuan dokumen kurikulum tahun sebelumnya terindikasi hanya merubah tahun pelajaran saja pada dokumen kurikulumnya. "Terdapat inkonsistensi dalam beberapa kalimat,  cenderung tidak sistematis", tegasnya. 

"Madrasah masih tidak menggunakan pedoman penyusunan dokumen yang benar, perubahan regulasi tidak diikuti dengan penulisan regulasi terbaru dalam dokumen. Itu salahsatunya dan masih banyak masalah lainnya", imbuh pak Doktor. 

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KKMA Kab. Sukabumi,  Iyan Mahfudin, M.Si, para kepala madrasah,  Wakamad, dan operator dari 11 Madrasah Aliyah Sub KKMA Jampangkulon menghadirkan pengawas sebagai nara sumber. 

Mulyawan juga mengharapkan agar penyusunan dokumen kurikulum ini dapat dijadikan starting point dalam mewujudkan madrasah yang hebat bermartabat. "Sangat disayangkan jika dari tahun ke tahun tidak terjadi perubahan sikap dan mindset dalam mengelola madrasah", tutur Mulyawan kepada Kontributor INMAS kab.  Sukabumi  melalui sambungan telepon seluker (08/07/2019).

Disamping Dr.  Mulyawan,  narasumber lainnya menyampaikan sejumlah materi antara lain tentang Penyusunan Kalender,  Analisis SKL-KI dan KD.

  1. Kontributor : Moh.  Iqbal Taufiqi