KKMA Sub Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Adakan Workshop Penyusunan Dokumen Kurikulum

Minggu, 14-07-2019 | 13:10:25

Palabuhanratu (INMAS Kab. Sukabumi)

Dalam rangka persiapan peyusunan Dokumen Kurikulum (Buku I), KKMA Sub PAlabuhanratu melaksanakan kegiatan Workshop pada Sabtu (06/07/2019) bertempat di MA Miftahul Falah Palabuhanratu.

Acara ini dihadiri oleh 11 MA di wilayah Sub KKMA Palabuhanratu dan dihadiri juga oleh Kepala MA, Waka Kurikulum dan operator. Bertindak sebagai narasumber kegiatan ini adalah para pengawas Madrasah Aliyah Kabupaten Sukabumi, yaitu Mulyawan Safwandy Nugraha, Tris Mediansyah, Yyan Supyandi, A.Saepudin dan Maryadi.

Menurut Abah Agus, selaku Kepala MA Miftahul Falah Palabuhanratu, kegiatan ini sangat baik dilakukan dan menjadi agenda tahunan Sub KKMA Palabuhanratu. Kepentingannya jelas. Madrasah Aliyah harus berbenah dan selalu memiliki mindset yang positif dan terencana. Maka menysunun dokumen kurikulum yang benar adalah tahap awal melakukan aksi yang benar.

Materi yang disajikan naras umber terdiri dari: Evaluasi Diri dan Analisis Konteks Madrasah, Regulasi Terbaru tentang Kurikulum di Madrasah Aliyah, Struktur Dokumen I, bedah Dokumen I, dan Tahapan Penyusunan Dokumen I.

Dr. H. Mulyawan Safwandy Nugraha, M.Ag., M.Pd selaku pengawas madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi menekankan bahwa Kepala Madrasah adalah penganggung jawab Dokumen I. Diharapkannya bahwa kepala Madrasah Aliyah memahami dan mengimplementasikan kurikulum dengan tepat, benar dan procedural. Perubahan mindset para insan pengelola madrasah harus menjadi pilar utama manajemen madrasah. Keterbatasan yang dimiliki oleh Madrasah Swasta harus menjadi bagian dari spirit untuk berubah.

Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan validsi Dokumen I pada tanggal 13 Juli 2019 dengan menyertakan hasil Analisis penilaian Evaluasi Diri terhadap dokumen yang telah diselesaikan.

Kontributor : Moh. Iqbal Taufiqi