MA Al Aman Cimanggu Sukabumi Adakan Simulasi Visitasi Akreditasi 2019

Minggu, 14-07-2019 | 13:04:40

Cimanggun (INMAS Kab. Sukabumi)

MA Al Aman Cimanggu Kabupaten Sukabumi telah teragendakan oleh BAN S/M Provinsi Jawa Barat untuk visitasi Akreditasi pada tanggal 17-18 Juli 2019. Hal tersebut tertuang dalam surat Nomor 02.00/279/BAN-SM/VI/2019 tertanggal 01 Juli 2019 perilah Pemberitahuan Pelaksanaan Visitasi Akreditasi S/M Tahap II tahun 2019.

Dalam rangka memaksimalkan raihan skor dan penyiapan bukti fisik terkait visitasi akreditasi tersebut, Dr. H. Mulyawan Safwandy Nugraha, M.Ag., M.Pd selaku pengawas madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi melakukan simulasi sekaligus pembinaan dan pemeriksaan persiapan akreditasi di MA Al Aman Cimanggu Kabupaten Sukabumi.

Acara yang diadakan selama dua hari, yaitu Sabtu-Ahad (06-07/07/2019) dihadiri oleh Yayasan, Kepala, seluruh guru  MA Al Aman Cimanggu Kabupaten Sukabumi. Hassan Syadili selaku kepala MA Al-Aman mengegaskan bahwa target akreditasi tahun ini adalah mempertahankan predikat A yangtelah diraih diakreditasi 5 tahun sebelumnya. Menurutnya, target “A” ini bukan tanpa perjuangan dan kerja keras. Oleh karenanya, dengan simulasi ni diharapkan, seluruh personel guru yang bertugas di tiap standar akan lebih memahami tugas dan PR yang masih belum selesai.

Sementara itu, Dr. H. Mulyawan Safwandy Nugraha, M.Ag., M.Pd, selaku pengawas Pembina MA Al-Aman Cimanggu Kabupaten Sukabumi menyambut baik kegiatan seperti ini. Menurutnya, Madrasah Aliyah harus serius dan focus saat akan akreditasi. Hal ini, karena akreditasi merupakan tuntutan akuntabilitas pengelolaan madrasah oleh pemerintah kepada masyarakat. Dalam simulasi ini, Dr. H. Mulyawan Safwandy Nugraha, M.Ag., M.Pd melakukan simulasi dan perhitungan skor akreditasi tiap standar sambal memerika dokumen fisik kelengkapan akreditasi.

Selama dua hari simulasi tersebut, alhamdulillah, persiapan menghadapi akreditasi sudah 90%. Sisa 10% akan diseleselaikan di waktu-waktu injury time menghadapi visitasi.

Semoga MA Al-Aman Cimanggu Kabupaten Sukabumi akan mendapatkan nilai maksimal, Sehingga mengangkat citra dan marwah madarsah menjadi hebat bermartabat dan bermanfaat untuk ummat.

Kontributor : Moh. Iqbal Taufiqi