Memudahkan Jemaah, Afifi Basri Tampil Menarik

Minggu, 12-08-2018 | 22:36:33

Jl. Kemakmuran (INMAS Bidang PHU)

Pemandangan berbeda terlihat ketika Kloter JKS 89 yang berasal dari Kab. Bogor, Kota Bogor, dan Kota Bandung mulai memasuki Aula Kedatangan (Aula Arafah) di Asrama Haji Bekasi, Minggu (12/08). Seorang lelaki dengan perawakan sedang dan berpenampilan menarik dengan kostum haji yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi ciri khas yang menarik perhatian.

Pada saat dikonfirmasi oleh humas PPIH, lelaki tersebut bernama H.  Afifi Zaini Abdullah Albrend yang juga seorang pembimbing KBIH yang membawa Jemaah sebanyak 194 orang. Ciri khas warna ungu pekat yang dimodifikasi batik ciri khas haji. Paling menarik dari semua kostum yang dikenakan adalah topi yang berbentuk kubh masjid.

“Berdasarkan pengalaman saya dalam membimbing jamaah, terkadang Jemaah mencari-cari saya selaku pembimbingnya, maka untuk memudahkan pencarian, saya berinisiatif untuk membuat kostum ini,” jelas pria yang penuh percaya diri ini.

Ia pun menjelaskan bahwa untuk pemberangkatannya ini dia sudah menyiapkan 5 topi dengan bentuk yang berbeda-beda yaitu bentuk kubah masjid, bentuk tumpeng, bentuk maroko, bentuk uzbek, dan bentuk koki.

Topi yang berbeda ini, menurutnya disimpan di koper bagasi yang dimasukkan kedalam bagasi. “Untuk memasukan topi-topi ini memerlukan trik khusus agar dapat muat semuanya dan barang yang lain,” ujarnya.

Selain topi ciri khas, pria beserta rombongan KBIH Sabilatul Hidayah Kota Bogor menggunakan syal berwarna ungu sebagai tanda identitas. “Dengan seperti ini akan lebih mudah Jemaah mencainya dan mengenalinya,” ujarnya.

Pria yang sudah berhaji selama 30 kali lebih ini, merupakan pribadi ceria yang mudah dekat dengan siapa saja terutama JCH.

Kontributor: Novam Scorpiantrien