Jumat, 21 April 2017, 18:23

Kemenag Kota Bandung Dan Polrestabes Wujudkan Da'i Kamtibmas

Soekarno Hatta (Inmas Kota Bandung)

Dalam rangka menjalin kemitraan antara Kementerian Agama Kota Bandung dan Kepolisian, Kementerian Agama Kota Bandung bersama dengan Polrestabes Bandung menggelar pembinaan Dai Kamtibmas kepada 240 Penyuluh Agama Islam Non PNS yang dilaksanakan di Aula Kemenang Kota Bandung, (20/4/2017). Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kasat Binmas Polrestabes Bandung, AKBP. Drs. Adie Sumarwan, MH dan Kepala Kemenang Kota Bandung, Dr.H. Yusuf Umar, M.Pd. yang didampingi Kasubag TU Kemenag Kota Bandung, Drs. H. Ali Abdul Latief, M.Ag.

Dalam arahannya, Kasat Binmas Polrestabes Bandung menuturkan, Dai Kamtibmas ini berperan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan terciptanya keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. " Kebetulan di kami ada program pembinaan dan pembentukan dai kamtimbas. Nah kemudian, kami gabungkan dengan tenaga penyuluh yang ada di Kemenag Kota Bandung agar para penyuluh ini bisa menyampaikan pesan-pesan tentang keamanan dan ketertiban di lingkungannya," Tutur Kasat Binmas Polrestabes Bandung.


Kasat Binmas Polrestabes Bandung menilai, para penyuluh ini merupakan tokoh-tokoh yang disegani masyarakat, sehingga pesan yang disampaikan para pemuka agama ini akan lebih mudah diterima masyarakat.

"Mereka itu berada di wilayahnya masing-masing. Para penyuluh bisa bekerjasama dengan Babinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya," terang Kasat Binmas Polrestabes Bandung.

Ia juga mengimbau, masalag Kamtibmas bukan hanya tugasnya Kepolisian, melainkan semua elemen masyarakat harus bekerjasama dalam mewujudkannya. "Artinya bahwa keamanan ini bukan hanya tugas Polisi, semua harus bekerjasama. Minimal dengan adanya pembinaan dai ini bisa membantu kami dalam keikutsertaannya berpartisipasi menciptakan lingkungan aman dan tertib," tandasnya.

Kepala Kementerian Agama Kota Bandung, melalui Kasubag TU, Drs. H. Ali Abdul Latief, M.Ag. menyambut positif kemitraan ini. Menurutnya, Kemenang yang memiliki potensi tenaga penyuluh bisa membantu Polri dalam penegakan Kamtibmas.

"Dari kemitraan ini kami ingin Kota Bandung ini dari sisi produktivitas masyarakatnya meningkat, dari sisi keamanan bisa membantu dalam menciptakan Bandung yang kondusif baik kehidupan beragama, bermasyarakat maupun bernegara," tutur Kasubag TU.

Kemedian, Kasubag TU menyampaikan bahwa kegiatan kerjasama kemitraan ini diikuti 370 peserta yang terdiri dari, 30 Kepala KUA, 100 tenaga penyuluh Agama, dan 240 honorer. "Dari kemitraan ini setidaknya kami bisa membantu Binmas Polrestabes Kota Bandung dari segi keamanan. Mudah-mudahan pembinaan ini bisa meningkatkan wawasan para penyuluh tentang keamanan di masyarakat," pungkas Kasubag TU.

Kontributor: Asep Awaludin/Agus Saparudin

Berita Lainnya
Minggu, 23 April 2017, 08:51

Darurat Narkoba, Kemenag Kota Bandung Tandatangani MoU Dengan BNN

Jumat, 21 April 2017, 19:00

Cegah Kejahatan Narkoba, BNN Tes Urine PNS Kemenag Kota Bandung

Jumat, 21 April 2017, 17:38

Kabid PD Pontren Apresiasi Pelaksanaan UADTA Kota Bandung

Jumat, 21 April 2017, 17:34

Kota Bandung Sukses Selenggarakan Ujian Akhir DTA Tahun 2017

Jumat, 21 April 2017, 17:32

Wakil Walikota Bandung Hadiri Pembukaan Ujian Akhir DTA