Jumat, 21 April 2017, 17:34

Kota Bandung Sukses Selenggarakan Ujian Akhir DTA Tahun 2017

Ujungberung (INMAS Kota Bandung)

Seksi PD Pontren Kota Bandung bersama dengan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliayah (FKDT) Kota Bandung sukses menyelenggarakan Ujian Akhir Diniyah Takmiliyah (UADTA) tahun 2017. Pelaksanaan UADTA tersebut berjalan dengan baik dan lancar dan diikuti oleh 7.199 Santri.

Pada acara pembukaan UDTA Tahun 2017 yang bertempat di Masjid Raya Ujungberung, Senin (17/4) dan dihadiri oleh Wakil Wakil Walikota, H. M. Oded Danial, Kepala Bidang PD Pontren, H. Abubakar Sidik, M.Ag., Kepala Kemenag Kota Bandung, Dr. H. Yusuf, M.Pd dan Kepala Seksi PD Pontren, H. Saripudin, M.Ag., Ketua FKDT Kota Bandung Dr. Jaka Muchlis, M.M.Pd. dalam laporannya mengatakan bahwa setiap tahunnya jumlah santri yang mengikuti UADTA di kota Bandung senantiasa mengalami perubahan, dibandingkan tahun 2016 jumlah santri yang mengikuti UADTA tahun 2017 ini mengalami penurunan.

Hal itu, ungkap Jaka Muchlis memang biasa terjadi bukan karena berkurangnya minat belajar siswa di DTA tetapi karena secara keseluruhan jumlah siswa usia sekolah dasar (SD) di kota Bandung juga secara jumlah relatif ada penurunan. Jaka Muchlis sangat mengapresiasi keberhasilan Panitia penelenggara UADTA yakni seluruh pengurus Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah yang dapat menyelenggarakan UADTA dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Bandung, Dr. H. Yusuf. M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa UADTA adalah salah satu bentuk upaya peningkatan eksistensi Diniyah Takmiliyah. Penyelenggaraan Ujian Akhir tersebut mempunyai maksud dalam rangka lebih memunculkan keberadaan Diniyah Takmiliyah sebagai potensi lembaga pendidikan agama khususnya di Kota Bandung yang fenomenal, dinamis dan berbasis kekuatan masyarakat Tutur Kakemenag.

Selain itu, Kepala Kemenag juga menyampaikan rasa gembira dan syukurnya karena partisispasi masyarakat dalam pendidikan agama di kota Bandung terus meningkat. Hal itu juga didorong oleh apresiasi yang begitu besar dari pemerintah kota Bandung yakni dengan pemberian dana hibah untuk bantuan operasional guru diniyah yang setiap tahunnya terus meningkat.

Tahun ini, Pemerintah Kota Bandung memberikan dana hibah untuk bantuan operasional guru diniyah sebesar 7.5 Milyar. Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bandung yang telah sangat peduli terhadap pelaksanaan pendidikan agama dan keagamaan di kota Bandung khususnya pendidikan Diniyah Takmiliyah. Dengan adanya perhatian yang besar dari Pemerintah Kota Bandung diharapkan akan memberikan motivasi yang besar bagi guru diniyah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan diniyah takmiliyah. Papar Kepala Kemenag.

Atas keberhasilan penyelenggaraan UADTA ini, Dr. H. Yusuf. M.Pd. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada FKDT dan seluruh guru diniyah takmiliyah awaliyah atas perjuangan dan dedikasinya mengabdi pada umat mengajar di lembaga DTA walaupun sarana prasarana dan fasilitas serta upah yang belum cukup memadai.

Kontributor: Agus Saparudin

Berita Lainnya
Minggu, 23 April 2017, 08:51

Darurat Narkoba, Kemenag Kota Bandung Tandatangani MoU Dengan BNN

Jumat, 21 April 2017, 19:00

Cegah Kejahatan Narkoba, BNN Tes Urine PNS Kemenag Kota Bandung

Jumat, 21 April 2017, 18:23

Kemenag Kota Bandung Dan Polrestabes Wujudkan Da'i Kamtibmas

Jumat, 21 April 2017, 17:38

Kabid PD Pontren Apresiasi Pelaksanaan UADTA Kota Bandung

Jumat, 21 April 2017, 17:32

Wakil Walikota Bandung Hadiri Pembukaan Ujian Akhir DTA