Jumat, 21 April 2017, 09:32

Sebelas Ribu Orang Anak Ikuti UADT di Tasikmalaya

Kawalu (INMAS Kota Tasikmalaya)

Kota Tasikmalaya yang terkenal dengan sebutan kota santri sangat concern terhadap pendidikan agama dan keagamaan islam, terbukti dengan diterbitkannya payung hukum untuk pendidikan madrasah diniyah berupa Peraturan Daerah No 2 tahun 2011. Pemerintah Daerah bahu membahu bekerjasama dengan Kementerian Agama terus berupaya untuk memajukan pendidikan madrasah diniyah.

Perda tersebut menyebutkan bahwa berdasarkan kewenangan, tanggung jawab dan kemampuan pemerintah daerah dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan nonformal, maka pendidikan diniyah perlu dibangun dan dikembangkan sesuai dengan komitmen bersama diantara pemerintah dan masyarakat. Jelas terlihat di sini peran pemerintah begitu besar terhadap perkembangan pendidikan diniyah khususnya di Tasikmalaya.

Kementerian Agama Kota Tasikmalaya melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam bersama sama dengan mitra kerja yaitu Forum Diniyah Takmiliyah (FKDT) terus berupaya untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan diniyah salah satunya adalah melalui kegiatan Ujian akhir Diniyah Takmiliyah (UADT).
Kakankemenag Kota Tasikmalaya menuturkan di sela melakukan monitoring pelaksanaan ujian akhir diniyah, senin (17/01) bahwa ujian akhir adalah sebagai salah satu kegiatan pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang dan jenis pendidikan madrasah diniyah sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan diniyah.

"Kita cukup berbangga hati karena ternyata masyarakat telah mempunyai kesadaran untuk memasukan anak- anaknya ke madrasah diniyah, terbukti sekarang hampir sebelas ribu lebih anak- anak mengikuti UADT" jelas Yudhi.

Hal yang sama juga dirasakan Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Drs. H. Suryana, M.Si pada kesempatan yang sama mendampingi Kepala Kantor untuk melaksanakan monitoring. Dirinya terlihat begitu haru melihat antusias para siswa diniyah dalam mengikuti ujian akhir.

Suryana bersama sama dengan para ustadz ustadadzah sudah lama aktif memperjuangkan pendidikan madrasah diniyah di Tasikmalaya, tak heran bila makin lama terlihat sekali makin bertambahnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan madrasah diniyah.

Kontributor : Yeni Rohayati

Berita Lainnya
Rabu, 19 April 2017, 16:21

Penyelenggara Syariah : ASN Kemenag Harus bisa Jaga Amanah

Rabu, 19 April 2017, 16:15

Kasubag beri Apresiasi untuk prestasi Kafilah Kota Tasikmalaya di STQ

Selasa, 11 April 2017, 10:58

Kakankemenag Kota Tasikmalaya Lantik Kasubag TU dan Penyelenggara Syariah

Kamis, 16 Maret 2017, 16:01

Kakanwil : Pelayanan Harus Semakin Baik dan Semakin Dekat dengan Masyarakat

Jumat, 3 Februari 2017, 09:46

Selama 2 Hari Kankemenag Kota Tasikmalaya akan Diperiksa BPK RI