Jumat, 14 April 2017, 01:16

Kafilah Kab. Bandung Juarai STQ XV Prov. Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, didampingi Sekda, dan Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, menyerahkan Piala kepada para juara STQ

Diponegoro - Bandung (Inmas - Bidang Penais, Zakat dan Wakaf

Kafilah Kab. Bandung keluar sebagai Juara Umum pada penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XV tingkat Provinsi Jawa Barat dengan nilai 24 point. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Hakim STQ, Prof. Dr. KH. T. Fuad Wahab yang didampingi Sekretaris, Dr. H. Syukriadi Sambas, pada Penutupan STQ yang berlangsung di PUSDAI, Jl. Diponegoro Bandung, Kamis (13/04).

Posisi kedua diduduki oleh Juara bertahan MTQ 2016 , Kafilah kota Bandung dengan nilai 22 point. Menyusul pada posisi ketiga, juara umum STQ 2015, Kafilah Kab. Bekasi dengan nilai 12 point.

Kepala Biro Pelayanan Sosial Pemprov Jawa Barat, Dr. H. Dadi Iskandar, selaku ketua Panitia, melaporkan bahwa penyelenggaraan STQ kali ini berlansung dari tanggal 08 hingga 13 April 2017, dengan diikuti oleh 207 peserta putra dan 165 peserta putri. Adapun cabang perlombaan STQ terdiri dari Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran dan Musabaqah Tafsiril Quran.

Karo Yansos menyampaikan bahwa seluruh juara pada STQ kali ini mendapatkan uang pembinaan serta berhak mewakili Kafilah Jawa Barat pada penyelenggaraan STQ Nasional di Tarakan Kalimantan Utara, 13 sampai 22 Juli 2017.

Acara penutupan STQ XV dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, Sekda Pemprov. Jawa Barat, H. Iwa Kartiwa, Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. A. Buchori, dan beberapa pejabat di lingkungan Pemprov, Kanwil Kemenag, serta Aggota DPRD Prov. Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, mengungkapkan bahwa saat ini tampak ada kemajuan luar biasa terutama pada kategori Hifdzil Quran yang berkembang di Jawa Barat. Hal ini ditandai denganm semakin banyak lembaga-lembaga pendidikan yang menyelenggarakan Hafidz Quran.

Selain itu, saat ini banyak sekali penghapal al Quran yang tidak didominasi lagi oleh sekolah-sekolah keagamaan, seperti siswa SMA, Mahasiswa Teknik Pertambangan ITB dan Kedokteran Unpad. Menurut gubernur, yang hafal Al Quran 30 Juz .

Aher pun menyampaikan saat ini banyak perguruan tinggi yang memberikan beasiswa bagi penghapal Al Quran. Meski belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara hapalan Quran dengan prestasi akademik. Namun menurutnya, sejumlah mahasiswa yang hafidz memiliki prestasi akademik dengan indeks prestasi kumulatif minimal 3,7.

Gubernur berharap STQ menjadi momentum untuk membudayakan Al Quran. Dengan Al Quran yang memasyarakat diharapkan akan menjadi penjaga moral masyarakat sehingga dapat mewujudkan apa yang ada di syair Mars MTQ, negeri Baldatun Toyibatun Warrobbun Ghofur. Dengan pemukulan bedug oleh Gubernur menandai penutupan STQ XV.

Kontributor : Tri Budiono

Berita Lainnya
Kamis, 6 April 2017, 10:57

Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Gelar Sosialisasi Bimtek SIMPENAIS

Minggu, 20 November 2016, 13:44

Test Tulis Calon Penyuluh Agama Islam Serentak se- Jawa Barat

Kamis, 10 November 2016, 10:38

Kakanwil : Lima Hari Sekolah Berpengaruh pada Pendidikan Agama Anak

Minggu, 30 Oktober 2016, 08:34

Kec. Cibinong Sabet Juara MTQ ke 39 Tingkat Kabupaten Bogor

Kamis, 27 Oktober 2016, 15:26

Rekruitmen Penyuluh Agama Islam Non PNS Memasuki Paradigma Baru