Senin, 20 Maret 2017, 01:27

Kabag TU : Kita Harus Buktikan Jawa Barat Provinsi Yang Sangat Toleran

Kabag TU Memberikan Sambutan pada Acara Pembukaan

Jalan Peta (INMAS Bimas Hindu)

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat yang dikoordinasi oleh Bimbingan Masyarakat Hindu, menggelar Pertemuan Tokoh Lembaga Keagamaan Hindu tahun 2017. Pertemuan ini digelar di Hotel Grand Pasundan Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 19 Maret 2017.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Kabag TU, H. A. Romdhoni, menekankan bahwa sudah menjadi hal yang mutlak bagi Kemenag untuk mengawal kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Kita harus memahami sejarah negara dan agama kita masing-masing. Begitu damainya kita hidup bernegara, kita bisa melaksanakan kegiatan agama dan keagamaan masing-masing tanpa harus tercerai berai," ujarnya.

Secara teknis kegiatan-kegiatan Kemenag yang melibatkan tokoh lintas agama akan semakin intens, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat mempunyai anggaran yang cukup besar pada tahun 2017 ini.

"Pak Kakanwil selalu mengamanatkan, anggaran KUB harus cukup besar," tambahnya.

Kegiatan-kegiatan seperti kemah pemuda lintas agama, dialog tokoh lintas agama, dan lain-lain harus lebih sering dilakukan.

"Kanwil Jawa Barat merupakan yang terbesar dari sisi anggaran, jumlah pegawai dan juga permasalahannya. Menurut hasil studi beberapa LSM, Provinsi Jawa Barat dinilai provinsi yang paling intoleran," imbuhnya.

Di Jawa Barat banyak regulasi yang mengatur kerukunan umat beragama. Menurut LSM tersebut, semakin banyak regulasi yang mengatur KUB, maka dinilai provinsi yg intoleran. Kewajiban kita bersama, kita harus menunjukkan Jawa Barat sebagai Provinsi yang nyaman untuk melaksanakan ibadah bagi semua agama, dan Jawa Barat merupakan provinsi yang sangat toleran.

"Semoga dengan adanya pertemuan tokoh-tokoh agama hindu dapat melahirkan konsep-konsep yang luar biasa, sehingga Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat bisa mengambil kebijakan-kebijakan yang terbaik bagi Provinsi Jawa Barat," tutupnya.

Kontributor : Nunik Abimanyu

Fotografer : Yudi Hermawan

Berita Lainnya
Kamis, 10 Juli 2014, 14:56

Bimas Hindu Gelar Workshop SDM Pengelola Pasraman se- Jawa Barat Tahun 2014

Jumat, 7 Februari 2014, 14:06

HINDU: UTSAWA DHARMA GITA TINGKAT PROV. JAWA BARAT