Sabtu, 18 Maret 2017, 19:46

Puskesmas Leuwisadeng Kuatkan Pembinaan UKS dan Dokcil

Leuwisadeng (Inmas Kabupaten Bogor)

Banyak hal untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, salah satunya melalui peningkatan pengetahuan tentang kesehatan bagi siswa sekolah. Seperti yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Leuwisadeng yang gencar melakukan kegiatan pembinaan Sekolah Sehat yang ditujukan kepada pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan 10 orang utusan Dokter Kecil (dokcil) yang diprogramkan selesai pada bulan Maret 2017.

Kepala UPT Puskesmas Leuwisadeng dr. Farida Indriawati mengungkapkan progam pembinaan sekolah sehat pada akhirnya ditujukan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri. Untuk pembinaan UKS dan dokter kecil dengan trias UKSnya yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat diharapkan mampu mendukung terciptanya sekolah sehat.

Kegiatan pembinaan sekolah sehat merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat, semua harus mengambil peran untuk mewujudkan sekolah sehat sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih baik, hal ini bisa dimulai dari hal kecil seperti kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan dan sikat gigi yang diharapkan menjadi kebiasaan hidup sehat bagi anak-anak, kata dokter Farida yang sangat konsen terhadap pembinaan UKS dan Dokcil di lingkungan kerjanya.

Kegiatan pembinaan sekolah sehat dilaksanakan dengan cara mengutus para dokter dan pendamping UKS ke sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Leuwisadeng. Kali ini dua orang dokter dan 1 pendamping UKS mengunjungi MI Al-Khoeriyah Sadeng untuk memberikan materi tentang kesehatan perawatan diri, perawatan kebersihan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada 30 siswa dokcil utusan dari MIN 1 Bogor, MI Al-Khoeriyah dan MI Taman Pendidikan Islam (TPI) Sadeng.

Antusias para dokcil nampak pada saat simulasi P3K yang dipraktekkan langsung oleh siswa sebagai pasien dan dokternya. Selain itu para dokter kecil juga saling bergantian bertanya tentang beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan dan pertolongan pada penyakit kepada para dokter muda yang menjadi narasumber pada pembinaan bagi para siswa dokcil.

Dr. Defina dan Dr. Imas merasa senang karena para dokcil sudah memahami pentingnya menjaga kesehatan dan siap melakukan tugas pertolongan pertama dan pembinaan di sekolahnya masing-masing.

Kami senang dan bangga melihat antusias para dokcil,semoga kelak mereka mampu meraih cita-cita menjadi seorang dokter,dan pengetahuan yang didapat hari ini bisa bermanfaat di sekolah masing-masing, ungkap Defina.

Sementara itu Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MIN 1 Bogor Irwan Senjaya, mengungkapkan kegiatan pembinaan sekolah sehat merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan sekolah. Menciptakan sekolah sehat adalah kewajiban semua pihak bukan hanya program puskesmas dan di Kecamatan Leuwisadeng sangat terbantu dengan program-program pembinaan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Leuwisadeng.

Pembinaan sekolah sehat terutama UKS dan dokcil membantu kami dalam menciptakan sekolah sehat,kami sangat mengapresiasi kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan oleh para dokter di Puskesmas Leuwisadeng, Kata Irwan.

Contributor : ade irawan

Berita Lainnya
Kamis, 23 Maret 2017, 10:35

Pelantikan Pejabat Eselon V di lingkungan Kemenag Kota Bogor

Rabu, 22 Maret 2017, 19:11

Kakankemenag Kab Bogor Kembali Rotasi Pejabat Eselon IV

Rabu, 22 Maret 2017, 19:07

KKMI Kabupaten Bogor Gelar Raker Ke-2 Tahun 2017

Selasa, 21 Maret 2017, 16:35

BDK Bandung Gelar DDTK Multimedia Bagi Guru MI

Selasa, 21 Maret 2017, 15:58

Diklat Administrasi Pembelajaran Angkatan III Kemenag Kota Bogor