Selasa, 14 Maret 2017, 15:35

Rapat Kerja FKPQ, Kakemenag Kota Bandung Akan Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Jl. Jakarta (INMAS Kota Bandung)

Forum Komunikasi Pendidikan Al Quran (FKPQ) kota Bandung selenggarakan Rapat Kerja Tahun 2017, Kamis (09/03/2017) yang bertempat Gedung Lucky Square Jl. Jakarta Antapani Bandung. Rapat kerja tersebut dihadiri oleh 60 orang peserta yang terdiri dari Pengurus FKPQ Kota Bandung dan para ketua FKPQ Kecamatan Se Kota Bandung serta dibuka secara resmi oleh Kepala Kemenag Kota Bandung, Dr. H. Yusuf, M.Pd. yang didampingi oleh Kepala Seksi PD Pontren, H. Saripudin, M.Ag dan Ketua FKPQ Kota Bandung, Hj. Rida Rosidah, S.Ag.

Ketua FKPQ Kota Bandung, dalam laporannya menyampaikan bahwa rapat kerja FKPQ Tahun 2017 ini adalah yang ketiga selama masa jabatannya sebagai ketua FKPQ. Harapannya dengan pelaksanaan rapat kerja yang ke-3, organisasi FKPQ dapat semakin solid dalam mewujudkan lembaga TKQ/TPQ yang terbaik di kota Bandung sebagai bagian dari kontribusi untuk mencerdaskan generasi bangsa yang berahlaqul karimah dan Al Quran sebagai pedoman hidupnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua FKPQ juga meminta kepada Kota Bandung untuk terus memperhatikan dan membantu para guru TKQ/TPQ meningkatkan kesejahteraannya yakni dengan meningkatkan jumlah penerima bantuan operasional dari Pemerintah Kota Bandung yang selama ini baru mencapai 30 persen dari total jumlah guru.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Kemenag dalam sambutannya menyampaikan akan memperhatikan permintaan tersebut. Bersama dengan Kepala Seksi PD Pontren, Kepala Kemenag berjanji akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para guru TKQ/TPQ, salah satunya dengan meningkatkan jumlah penerima bantuan operasional guru dari Pemerintah Kota Bandung yang selama ini sudah berjalan. Selain itu kepala Kemenag juga mendorong agar guru TKQ/TPQ terus meningkatkan wawasan, keahlian dan kompetensinya dengan menempuh pendidikan starta S-1 bagi yang belum menempuh pendidikan starta S-1 bidang pendidikan. Insya Alloh, saya bersama Kasi PD Pontren akan berupaya mencari jalan agar guru-guru TKQ/TPQ yang belum S-1 dapat melanjutkan studinya dan meraih gelar starta S-1 bidang pendidikan yang bekerja sama dengan Pemkot Bandung serta Sekolah Tinggi Agama Islam di kota Bandung Papar Kepala Kemenag.

Sebelumnya, Kepala Kemenag juga menyampaikan bahwa rapat kerja bukan sekedar kumpul-kumpul biasa, dan bukan pula silaturrahmi biasa. Rapat kerja ini merupakan ranah penting bagi FKPQ kota Bandung untuk mengukur, menilai atau mengevaluasi segala program yang telah ditetapkan dalam raker sebelumnya. Hasil evaluasi ini akan menjadi rujukan dalam menentukan, program dan kegiatan efektif mana yang harus dilanjutkan dan ditingkatkan kualitas pelaksanaannya, serta program dan kegiatan mana yang harus disesuaikan dengan dinamika organisasi dan kebutuhan masyarakat. Rapat kerja juga merupakan media dan kesempatan terbaik untuk saling bertukar pendapat, menampung masukan kreatif, solutif, dan innovatif dari masing-masing peserta, yang hasilnya, kemudian dirumuskan untuk menjadi program FKPQ kota Bandung yang akan diimplementasikan pasca diselenggarakannya rapat kerja ini.

.untuk itu, sekali lagi saya tegaskan, mohon rapat kerja ini dijadikan sebagai momentum luar biasa, bukan sekedar kegiatan yang biasa-biasa dan hasilnyapun biasa-biasa Ungkap Kepala Kemenag.

Selanjutnya Kepala Kemenag berharap, bahwa rapat kerja yang ketiaga FKPQ Kota Bandung kali ini, akan menghasilkan program aplikatif, sebagai perpaduan atas hasil koreksi serta evaluasi terhadap kekurangan-kekurangan di masa sebelumnya dan inovasi-inovasi untuk kepentingan masa depan. FKPQ Kota Bandung, selain harus menjadi dapur ide dan konsep dalam pengembangan metode kependidikan untuk kepentingan lemabaga TKQ/TPQ, harus pula menjadi jembatan, bagi para guru TKQ/TPQ dalam upaya penggalian dan peningkatan kompetensi dan kemampuan diri serta penataan keseimbangan antara hak dan kewajibannya sebagai tenaga pendidik.


Kontributor: Agus Saparudin

Berita Lainnya
Minggu, 23 April 2017, 08:51

Darurat Narkoba, Kemenag Kota Bandung Tandatangani MoU Dengan BNN

Jumat, 21 April 2017, 19:00

Cegah Kejahatan Narkoba, BNN Tes Urine PNS Kemenag Kota Bandung

Jumat, 21 April 2017, 18:23

Kemenag Kota Bandung Dan Polrestabes Wujudkan Da'i Kamtibmas

Jumat, 21 April 2017, 17:38

Kabid PD Pontren Apresiasi Pelaksanaan UADTA Kota Bandung

Jumat, 21 April 2017, 17:34

Kota Bandung Sukses Selenggarakan Ujian Akhir DTA Tahun 2017