Rabu, 07-08-2019 | 11:44:49

Gelang Ajaib

Gelang Identitas Jemaah haji,Iskandar Sulaeman (Karom 6 JKS 75)

Oleh : Iskandar Sulaeman

(Karom 6 JKS 75)

Sebanyak 410 orang yang terdiri dari jemaah dan petugas kloter 75 JKS sudah sampai di Mekah sejak 30 Juli 2019 pukul 19.30 menjelang Isya Waktu Arab Saudi. Setelah jemaah mendapatkan tempat penginapan dan kamar masing-masing serta berkemas barang bawaan dan koper yang lebih dahulu sampai, para jemaah dimohon untuk bersiap melakukan umroh wajib yang langsung akan dipimpin dan dikomando oleh KH. Tatang Syihabudin yang merupakan Ketua KBIH Annihayah Rawamerta Karawang. Ibadah Umroh Wajib ini alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar.

Setelah umroh ini diikuti oleh semua jemaah di kloter 75 JKS baik yang sehat maupun yang memakai kursi roda, beberapa hari berikutnya jemaah beraktivitas pulang pergi dari maktab ke masjid harom untuk melaksanakan shalat berjemaah. Disela-sela kegiatan tersebut jemaah juga beraktivitas belanja barang-barang yang dibutuhkan saat berada di maktab (hotel) seperti rice cooker, ember, hitter atau teko listrik dan barang lainnya yang tidak dibawa dari tanah air.

Ada yang menarik saat keberangkatan di embarkasi semua jemaah dibekali gelang dan wajib dipakai selama berada di tanah suci sampai kembali lagi ke tanah air. Saya (Iskandar Sulaeman; Karom 6 JKS 75) Awalnya merasa risih dengan dua gelang yang dipakai bersamaan. Satu gelang buatan Indonesia terbuat dari stainless dan gelang kedua terbuat dari kertas anti air buatan Saudi Arabia. Kedua gelang ini memuat biodata jemaah secara lengkap. Dari mulai nama jemaah, nomor paspor, nomor kloter, nomor maktab, dan barcode untuk kebutuhan identifikasi digital.

Semua jemaah dipesankan agar jangan sesekali melepas gelang ini. Benar sekali, baru tiga hari kami berada di tanah suci beberapa aktivitas bahkan ada peristiwa lain yang tidak diinginkan gelang ini menjadi solusi terbaik. Seperti halnya ada keperluan jemaah membeli kartu perdana seluler saat aktivasi cukup pakai identitas yang ada digelang. Terkadang ada jemaah yang tersesat lalu cukup menunjukkan gelang, jemaah akan diantar petugas sampai di hotel sesuai data yang ada di gelang tersebut. Bahkan jika ada tindak kriminal (naudzubillah), jemaah akan langsung dikenali identitasnya melalui gelangnya. 

'Ala kulli hal, banyak sekali kegunaan dari 2 gelang yang dipakai, sehingga saya menyebutnya sebagai GELANG AJAIB karena sangat berguna dalam identifikasi personal dalam semua aktifitas ibadah dan aktifitas keseharian jemaah calon haji Indonesia selama di Tanah suci Mekah dan Madinah.