Sabtu, 28-04-2018 | 08:54:13

Kiprah ASN Kemenag di Masyarakat

Ciwaringin -  Kabupaten Cirebon (15/4/18)

5 Nilai Budaya kerja Kementerian Agama adalah hal yang harus dijunjung tinggi bagi ASN Kementerian Agama dan harus terus dijalankan pada diri setiap ASN. Lebih dari sekedar hafal secara harfiyah juga lebih pada pengamalan dari 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama. Suatu keharusan bagi ASN Kementerian Agama untuk tetep berpegang pada Integritas, profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab, dan Keteladanan. Momen Isra’ Mi’raj sudah membudaya di masyarakt Cirebon untuk diisi dengan kegiatan sosial keagamaan yang pada umumnya dalam bentuk Marhabanan, tabligh akbar, pengajian umum, marawis dll. Lembaga formal dari tingat RA, MI, MTs, hingga MA maupun lembaga non formal seperti TKQ TPQ DTA PDF (Pendidikan Diniyah Formal), PPS Wajardikdas, Majlis Ta’lim, Jamiiyah, turut serta ambil bagian dalam mengislamkan budaya masyarakat dengan mengisi dengan kegiatan bernilai keagamaan.

Adalah H. Mujayin, kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui H. Abu Bakar Kepala Seksi PD Pontren yang diwakili stafnya Aziz Ahlaf (Operator Emis Pontren kab. Cirebon) untuk memberikan tausiyah kepada masyarakat kecamatan Ciwaringin Desa Galagamba dalam momen Isra' Mi'raj sebelum menggelar acara Marhabanan bersama para jamaah di Tajug Sadar yang berlokasi di Blok Dukumire dihadiri para tokoh masyarakat dan alim ulama setempat.

Dalam isi tausiyahnya, Aziz Ahlaf membahas perjalanan Isra' Mi'raj baginda nabi Muhammad Saw dan pesan moral yang terkandung pada peristiwa agung tersebut, salah satunya tentang perintah sholat yang semula sebanyak 50 waktu dalam sehari menjadi 5 waktu dalam sehari.

Kiprah sebagai ASN kemenag tidak melulu hanya sebatas di lingkungan instansi atau sebatas ruang lingkup pekerjaan semata tapi lebih jauh dari itu harus bisa menjadi Teladan bagi masyarakat sekitar, keteladan adalah salah satu dari 5 Nilai Budaya kerja (poin ke 5).

Masyarakat mungkin banyak yang belum tahu bahkan tidak mau tahu tentang jabatan apa yang kita emban di lingkungan pekerjaan, masyarakat hanya tahu bahwa ASN tersebut bekerja di Kementerian Agama yang tentunya tergambar sosok individu yang dianggap mampu atau memahami permasalahan seputar keagamaan. Ada tanggung jawab moral bagi setiap ASN dibawah naungan Kementerian Agama di masyarakat, Tanggungjawab adalah salah satu dari 5 nilai budaya kerja (poin ke 4).