Senin, 26-03-2018 | 08:47:51

MADRASAH HEBAT BERMARTABAT: Ternyata Kita Bisa!

Desi FutBolNet: Madrasah Hebat Bermartabat

Oleh: Desi Sri Wahyuni

Guru pada MI. MWB Cisaat Kab. Sukabumi

Tulisan ini adalah pengalaman pribadi selama menjadi Guru Madrasah di Kab. Sukabumi.

36 tahun yang lalu aku dilahirkan, tepatnya pada 03 November 1982 di Jakarta. Aku tidak pernah bermimpi akan berangkat ke Negeri Paman Sam pada 28 April tahun ini.

Desi, itulah panggilanku. Menikah dengan seorang lelaki pujaan hati dan kini telah dikarunia anak 1.

Sejak aku diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Kementerian Agama Kab. Sukabumi. Di tahun 2017 yang lalu aku mengikuti Training of Trainer (ToT) FutbolNet yang diselenggarakan ASA Foundation (Asian Soccer Academy) bekerjasama dengan FC. Barcelona dan Konami yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman Kav. 28 Karet Setiabudi Jakarta Selatan bersama dengan 6 orang guru lainnya yang direkomendasi oleh Kementerian Agama Kab. Sukabumi. Program FutbolNet ini dirancang untuk mendidik anak-anak dan orang muda tentang nilai-nilai karakter melalui olahraga. Selain itu, pada paraktik di lapangan FutbolNet juga bisa disesuaikan untuk berbagai disabilitas. Terhadap ini, aku tertarik. Menurutku, seluruh pengajar jika disandarkan dengan Kurikulum Pendidikan Nasional hari ini tengah berkonsentrasi pada pendidikan Inklusi yakni sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang berkebutuhan khusus dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya (Permendiknas No. 70 tahun 2009, Pasal 1). Sejalan dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 32 ayat (1) yang menegaskan “setiap warga  berhak mendapatkan pendidikan”; Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 32 ayat (2) yang menegaskan “setiap warga anak wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya” serta Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 5 ayat (1) yang menegaskan “setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”. Undang-undang inilah yang menjadi bukti kuat hadirnya pendidikan inklusi di tengah masyarat.

Bekerjasama dengan FC. Barcelona, ASA Foundation melatih kami selama 3 hari dari tanggal 26 s.d 28 Juli 2017. Kami diperkenalkan dengan program FutbolNet yang di dalamnya terdapat 5 nilai karakter, yaitu Humility (rendah hati), Effort (Upaya), Ambition (ambisi), Respect (saling menghormati), dan Teamwork (kerja tim) yang terangkum dalam kata "HEART". Setelah pelatihan ini kami diharapkan untuk mempraktikkan di madrasah tempat kami mengajar, dan kami harus menyampaikan report pelaksanaannya kepada ASA Foundation. Kegiatan yang kami laporkan meliputi: 1) Presentation value, yakni memparkan tentang nilai-nilai (HEART) kepada peserta didik melalui kegiatan olahraga, 2) Warming Up, 3) Learning Activities, 4) FutbolNet Match, dan 5) Cooling Down.

Karena ini adalah pengetahuan dan pengalaman baru bagiku. Dengan antusias dan penuh semangat aku mengikutinya dan aku terapkan saat mengajar di madrasah, MI. MWB. Dan tidak lupa sebagai bahan evaluasi apakah yang aku lakukan di madrasah sudah sesuai dengan hasil training? Dengan rutin aku laporkan ke ASA Foundation setiap pekan.

Aku sama sekali tidak menyangka, apa yang kulakukan ternyata mendapat respon dan penilaian positif dari ASA Foundation. ASA Foundation merekomendasikan aku untuk mengikuti program  “Sport Visitors 2018” dari Kedutaan Besar Amerika. Informasi itu aku terima pada awal Februari 2018 yang lalu. Seluruh biaya kegiatan ini ditanggung oleh Kedubes Amerika di Jakarta. Semoga yang terjadi hari ini kepadaku akan menjadi pendorong semangat guru madrasah lainnya.

Tentunya, terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh lembaga yang telah mendorongku untuk terus meningkatkan kapasitas sebagai guru madrasah. Kepala Kantor Kemenag Kab. Sukabumi, Kepala MI. MWB Kab. Sukabumi, khususnya suami dan keluarga tercinta yang selalu mensupport seluruh aktifitasku. Yakinlah, Kita Pasti Bisa! Madrasah Hebat Bermartabat.