Jumat, 16-03-2018 | 10:35:46

RAPORT AS FEED BACK FOR THE WAY OF TEACHING

Biasanya saat bagi raport anak MI,ada orang tua yang sibuk " membandingkan prestasi anaknya dengan anak yang lain".
Bagi saya, " membandingkan nilai di raport semester ini dengan sebelumnya" jauh lebih bermanfaat untuk progres anak kedepannya daripada membandingkan nilai anak kita dengan nilai anak yang lain.

Diharapkan sudah tidak ada lagi " ranking ",ini relevan dengan zaman now.
Ingat,anak-anak usia kelas 1-4 MI adalah masa-masa bermain anak,tidak perlu menuntut mereka belajar keras dengan ikut tambahan les akademik ini itu diluar jam sekolah.Berikan hak bermain mereka.

Nilai raport sebaiknya tidak hanya menuliskan "hasil kognitif" saja tapi juga sudah mengcover nilai "psikomotor dan afektif".

Penghitungan nilai "akademik" di raport Fanny ;
♡50 % Kognitif
♡20 % Psikomotor
♡30 % Afektif
Komposisi yang bagus untuk penilaian yang dilkukan secara objektif.

Jika hasil di raport tidak memuaskan, jangan 100% menyalahkan anak,karena hasil belajar tersebut tentu saja sangat dipengaruhi juga oleh faktor guru yang mengajar. Oleh karena itu memfokuskan diri pada " progress report " siswa akan lebih bermanfaat bagi siswa itu sendiri yang kemudian dapat memberikan " feed back " bagi guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya.


Kontributor : Hj Widayanti, MP.Mat