Selasa, 10 Juli 2012, 10:31 – Pendis & Madrasah
MTsN Kandanghaur Kebanjiran Siswa Baru

KANDANGHAURKAB. INDRAMAYUKepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang berbasis agama akhir-akhir ini cukup meningkat. Hal ini mungkin disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan spiritual anak, disamping banyak sekolah-sekolah yang berbasis agama mulai berbenah kualitas. Salah satu bukti nyata adalah MTsN Kandanghaur Kabupaten Indramayu yang banyak diminati peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2012-2013. Menurut Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru, Hayat Ruhyat, S.Ag. selaku “Jumlah pendaftar sebanyak 516 peserta dan yang mengikuti tes seleksi 491 peserta. Jika mengacu pada rasio kelas sebagaimana surat edaran Kementerian Agama Kantor Provinsi Jawa Barat nomor Kw.10.4/4/PP.00/1617/2012 tanggal 18 April 2012 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2012-2013 maka siswa yang seharusnya diterima hanya 240 siswa dari 491 peserta tes”.

Melihat kondisi tersebut, Kepala MTsN Kandanghaur, Taryana, S.Pd., M.A,. berharap adanya penambahan ruanga belajar baru sehingga mampu menampung siswa lebih banyak lagi. “Trobosan-trobosan yang dilakukan madrasah sangat menyentuh masyarakat baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik seperti pengembangan diri’” ujarnya. Lokasi madrasah yang diapit oleh sekolah negeri dibawah naungan Dinas Pendidikan menuntut MTsN Kandanghaur berimprovisasi dengan mengacu pada kualitas dan kuantitas agar tidak ditinggal kepercayaan masyarakat.

Untuk itu Kepala madrasah, mencanangkan program-program yang terkadang “ekstrim” demi meningkat kualitas, citra dan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. Sebagai madrasah/sekolah satu-satunya di kabupaten Indramayu yang tenaga pengajarnya diharuskan membuat buku pembelajaran, berusaha mengadakan kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pengajarnya. Kerja keras yang beliau lakukan berbuah manis, hal ini bisa dilihat dari kenaikan jumlah siswa yang cukup signifikan. Bahkan jumlah peminat di SMPN favorit yang ada di Kecamatan Kandanghaur, kalah banyak dengan MTsN Kandanghaur.

REPORTASE : A.Fadlali

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.036550 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1272636
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.