Selasa, 10 Juli 2012 – Bidang Haji & Umroh
Kemenag Kab. Bandung Barat Gelar Manasik Haji Massal di Pontren Darul Falah

CIHAMPELASBANDUNG BARATPara calon jamaah haji yang telah masuk daftar kuota haji tahun 2012, mengikuti Manasik Haji Massal yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kab. Bandung Barat, di Pondok Pesantren Darul Falah, Cihampelas, Bandung Barat, Senin (02/07).

Kabag TU Kanwil Kementerian agama Prov. Jawa Barat DR. H.M. Athoillah, yang pada kesempatan tersebut hadir, mengatakan diharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan baik, Karena itu bimbingan manasik haji massal harus benar-benar dilakukan dengan baik agar calon jamaah haji dapat benar-benar mengerti dan memahami tata cara serta hal-hal penting yang harus diperhatikan calon Jamaah Haji, terutama dalam masalah kesehatan. “Ini tentu pekerjaan rumah kemenag Kab. Bandung barat untuk memberikan bimbingan manasik haji massal sebanyak 10 kali sesuai dengan amanat pemerintah RI secara optimal,” Ucapnya.

Seperti kita ketahui, lanjut Kabag TU, pelaksanaan ibadah haji merupakan tugas nasional yang melibatkan seluruh komponen, seperti kemenag, Kantor Imigrasi, Pemda setempat dan lainnya, namun sejauh ini jika ada beberapa permasalahan, tentu saja yang dipertanyakan adalah kinerja dari Kemenag. Karenanya, sudah seyogyanya Kemenang senantiasa harus meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji termasuk kualitas jamaahnya melalui bimbingan manasik haji massal ini.

Plt. Kepala Kemenag Kab. Bandung Barat, yang juga Kasubbag Tata Usaha, H. Abdurahim, mengatakan Dalam pelaksanaan bimbingaan manasik haji massal ini, jamaah tidak dikenakan biaya, sebab pelaksanaannya sudah ditanggung oleh Dirjen Bimas Islam dan haji Kementerian Agama. Jadi, lanjutnya jamaah tidak perlu memikirkan masalah biaya lagi, cukup datang dan mengikuti bimbingan agar kedepan dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan mabrur.

Sejauh ini, ucap Kasubbag, pihak Kemenag telah mengusulkan sebanyak 1.491 jamaah haji asal Bandung Barat, namun yang telah dikabulkan hanyalah sebanyak 1081 jamaah saja. Karena itulah saya mengucapkan selamat kepada para jamaah yang tahun ini dapat berangkat ke tanah suci. Sementara bagi yang masih mendapatkan daftar tunggu, kami harap dapat bersabar.

“ Insyaallah tahun depan kami dapat mengupayakan agar jamaah haji asal Kabupaten Bandung Barat dapat ditambah hingga 1.451 orang sehingga jamaah yang masuk dalam daftar tunggu tidak terlalu lama menunggu,” Imbuhnya.Dalam Kesempatan yang sama Kasi PHU Kemenag Kab. Bandung Barat, H. Didin Achmad Rosjidin menghimbau kepada calon jamaah haji agar memperhatikan masalah kesehatan dengan benar. Jangan sampai ketika tiba waktunya melaksanakan rukun haji, jatuh sakit. Ia mengingatkan jamaah haji agar istirahat sehari atau dua hari sebelum melaksanakan ibadah haji. Sebab Ibadah haji 90 persen merupakan ibadah fisik dan tidak ada doa khusus. Karena itu siapkan mental dan stamina agar pelaksanaannya dapat berjalan baik. “Selain kesehatan, tanda pengenal atau ID Card harus dipakai selama pelaksanaan ibadah haji, sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesasar dapat segera ditangani petugas haji di sana,” Imbuhnya.

REPORTASE : EVI AGUSTIN

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.020315 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 771709
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.