Rabu, 27 Juni 2012, 10:12 –
Karya Tulis Jadi Kunci Penilaian UPKP

CIBINONG-KAB. BOGOR

Sebanyak 14 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bogor mengikuti Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) dan Ujian Dinas Periode Oktober 2012 di Aula Kemenag, Senin (25/6). Kegiatan ini merupakan bentuk penyesuaian kepangkatan seseorang sesuai gelar dan uraian tugas PNS yang bersangkutan. Selain harus menyelesaikan soal-soal selama tiga hari, PNS yang menjadi peserta UPKP dan Ujian Dinas harus bisa membuat seminar kertas kerja atau karya tulis.

“Untuk tahun ini terdapat 14 PNS yang mengikuti UPKP dan Ujian Dinas,”kata Kepala Subbagian Tata Usaha Kemenag Kab Bogor, Drs. H.Wahyu Facruddin didampingi Koordinator Kepegawaian Edy Kusnawardi, BcHk disela-sela pelaksanaan Ujian.

Dibanding tahun lalu, lanjut dia, untuk tahun ini jumlahnya mengalami kenaikan karena ada beberapa PNS baru yang memang sudah menyelesaikan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi misalnya S1. “Rinciannya sepuluh orang mengikuti UPKP tingkat III, satu orang ikut tingkat II dan tiga orang mengikuti ujian dinas,”bebernya.

Mengenai materi ujian, tambah dia, terbagi kedalam tiga kategori yaitu materi tes kompetensi yang meiputi pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, Kebijakan Pemerintah, dan Pengetahuan Teknis, kategori kedua mengenai kepribadian, bakat dan minat serta karya tulis. “Karya Tulis menjadi salah satu kunci penilaian dan Semua hasil ujian ini akan diserahkan ke Kemenag pusat karena penilaian ada di Pusat sedangkan ujian Dinas akan dinilai di Kanwil Kemenag Prov Jabar,”ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta UPKP dari Entus Hilman Mutaqien menyatakan kegembiraanya karena adanya UPKP dan Ujian Dinas ini karena selama ini dirinya sudah menyelesaikan program S1 sehingga nanti pangkat dan Golongannya akan naik yang sebelumnya dari Gol IIa menjadi Gol III. “S1 saya sudah ditempuh dan selesai, semoga Gol saya bisa naik,”imbuhnya.

Reportase: ADE IRAWAN

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.026777 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 1220293
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.