Jumat, 1 Juni 2012 – Bidang Haji & Umroh
Kakanwil : Calhaj Harus Mulai Belajar Sabar

CIBINONG-KAB. BOGORMusim Haji Tahun 2012 masih cukup lama namun segala persiapan demi menyukseskan program keagamaan nasional tersebut terus dipersiapkan salah satunya menyelenggarakan bimbingan manasik haji tingkat Kab Bogor yang diselenggarakan di Masjid Baitul Faizin, Sabtu (26/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov Jawa Barat, Saeroji, Ketua MUI Kab Bogor Mukri Aji, Wakil Ketua DPRD Kab Bogor Wasto, pimpinan KBIH se Kab Bogor, Kabagbintal dan Kadinkes Kab Bogor, para Pejabat di lingkungan Kemenag Kab Bogor, dan para Kepala KUA se Kab Bogor.

Tak hanya itu, penambahan kuota bagi jemaah haji bagi warga Tegar beriman menjadi kabar gembira dalam manasik haji itu pasalnya Kabupaten Bogor mendapat kuota tambahan sebanyak 63 orang.

Kepala Kantor Kemenag Kab Bogor Suhendra mengatakan, Tahun ini Kabupaten Bogor mendapat jatah tambahan kuota haji dibanding tahun lalu dan penambahan itu sebanyak 63 orang. “Jika tahun lalu kita hanya diberi jatah kuota 3.314 orang kini menjadi 3.377 orang bertambah 63 orang,” pungkasnya, di sela-sela kegiatan Manasik Haji.

Penambahan kuota ini, terang dia, menjadi kabar gembira kendati jumlahnya hanya 63 namung angka tersebut sangat berarti untuk mengurangi waiting list calon jemaah haji yang kini berjumlah sekitar 17.000 orang. “Semoga akan ada terus penambahan tiap tahunnya,”ujarnya.

Untuk menyukseskan musim haji tahun ini, lanjutnya, Kemenag bersama Pemkab Bogor memiliki kewajiban membina para calon tamu Allah tersebut. “Caranya ya harus ada bimbingan manasik haji seperti ini,”tegasnya.

Sejauh ini, beber dia, untuk manasik haji tahun 2012 terdapat empat kali pelaksanaan bimbingan manasik haji tingkat Kab Bogor dan sebelas kali pelaksanaan bimbingan manasik haji ditingkat Kecamatan. “Totalnya 15 kali yang terpusat di 24 titik diwilayah Kab Bogor, kita berharap banyak ilmu haji yang bisa diperoleh para calhaj ketika mereka aktif mengikuti Bimbingan manasik haji tersebut,”pungkas pria asal Bogor ini.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Prov Jawa Barat Drs. H. Saeroji, MM menjelaskan jemaah haji merupakan tamu Allah dan sudah seyogyanya mulai dari sekarang para calhaj belajar dengan niat iklhas dan sabar. “Mulai dari sekarang jemaah haji harus sudah bisa mengendalikan hawa nafsunya dan itu bisa dilakukan dengan belajar sabar,”tegas Saeroji.Karena ibadah haji bukan hanya ibadah fisik namun juga ibadah spiritual. “Seluruh energi didalam tubuh kita dikeluarkan, agar benar-benar menjadi haji yang mabrur,”pungkasnya.

REPORTASE : ADE IRAWAN

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.822642 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1200073
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.