Selasa, 14 Februari 2012 –
Kakanwil Kemenag Jabar Sambut Delegasi Kementerian Pendidikan Negara Bangladesh

CIGONDEWAHBANDUNGDalam rangka mempererat kerjasama antara Negara Indonesia dan Banglades, delegasi Kementerian Pendidikan Nasional Bangladesh Angkatan I menggelar Kunjungan kenegaraan ke Indonesia selama empat hari dari tanggal 12 Januari-17 Januari 2012. Kunjungan delegasi tersebut ke Indonesia dimaksudkan untuk mempererat hubungan Indonesia-Bangladesh dan study banding ke berbagai Lembaga Pendidikan yang ada di Indonesia, diantara kunjungannya antara lain ke Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementerian Agama RI, ke Pondok Pesantren Al-Basyariah Cigondewah Kab. Bandung, ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung, ke MAN Insan Cendekia Serpong, ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta ke Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Dalam kunjungannya ke Ponpes Albasyariah Cigondewah Kab. Bandung Delegasi Kementerian Pendidikan Nasional Bangladesh disambut oleh kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Barat, Drs. H. Saeroji MM. Kepala Kenterian Agama Kab. Bandung, Drs. H. Cecep Kosasih, Kepala Seksi Mapenda Islam Kemenag Kab. Bandung, Drs. H. Abdul Manan, M.Pd, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Basyariah, Buya Drs. KH. Saeful Azhar beserta Para Asatidz dan Asatidzah Ponpes Albasyariah Kab. Bandung.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Barat mengatakan dalam Sambutannya, pada hakikatnya Pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang di dalamnya adalah santri yang belajar baik mukim di Pondok maupun tidak mukim. Di Ponpes Albasyariah santrinya bermukim. Mereka juga diwajibkan berbahasa Arab dan Inggris, selain itu pula mereka diharuskan memahami Teknologi Informasi. Jumlah santri yang ada di Ponpes Albasyariah sebanyak 1.114 orang Santri Putra dan Putri.

Lebih Jauh lagi Kakanwil menyatakan berdasarkan data tahun 2011, yang ada di Bidang Pekapontren Jumlah Pesantren yang ada di Jawa Barat berjumlah 8.737 Pesantren, sedangkan Jumlah santri 482.366 dan Jumlah Ustadz dan Ustadzah berjumlah 41.680 Orang.

Sementara Itu Ketua Delegasi Kementerian Pendidikan Nasional Bangladesh mengungkapkan kedatangannya ke Indonesia untuk mengadakan kerjasama Bidang Pendidikan dan study Banding pada Lembaga Pendidikan di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, terutama pada Pondok Pesantren, mereka berharap dapat meniru Pola Pendidikan yang dikembangkan di Pondok Pesantren dengan cara pendidikan yang sangat berpegang pada disiplin dan mentaati Peraturan yang di tetapkan Oleh Lembaga.deef

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.027133 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.4
Jumlah pengunjung: 1165742
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.