Kamis, 2 Februari 2012, 11:53 –
FPP Lakukan Kunjungan ke Gedung Sate

GEDUNG SATEBANDUNGPesantren merupakan bagian dari sistem Pendidikan Nasional, meskipun masih marjinal tetapi harus memberikan peran yang berarti bagi kemajuan pendidikan. Demikian yang disampaikan Kabid Pekapontren Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, yang juga Dewan Pembina Forum Pondok Pesantren (FPP), HA. Sukandar, dalam acara kunjungan Pengurus FPP ke Kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate Bandung, Jum’at (13/01). Kabid Pekapontren mengharapkan keberadaan FPP dapat memberikan kemajuan bagi pondok pesantren.

Ketua Wilayah FPP Jawa Barat Dr. KH. Utawijaya Kusumah, menyatakan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan keberadaan FPP. Ia menjelaskan bahwa kehadiran FPP untuk meminimalisir potensi kepentingan dengan adanya beragam forum pondok pesantren. Hingga kini FPP membawahi 8.100 pesantren dengan jumlah santri sebanyak 2,2 juta orang.

Pondok pesantren, menurut Ketua FPP, merupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang mampu mencapai tujuan penddidikan nasional, yaitu pencapaian iman, takwa dan akhlakul karimah. Namun keberadaan ponpes masih memprihatinkan, di antaranya belum adanya ponpes yang berstatus negeri dan mutu pendidikan ponpes yang belum diakui secara formal oleh pemerintah.

Asisten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Prov. Jawa Barat, H. Aip Rivai, yang menerima rombongan di Ruang Burangrang Gedung Sate, menyatakan bahwa ponpes merupakan tempat pembentukan karakter bangsa. Ponpes telah menjadi perhatian bagi pemerintah provinsi Jawa Barat. Pemprov. Jabar telah menggulirkan beberapa program bantuan untuk pondok pesantren, di antaranya pemberian bantuan kepada guru Diniyah Takmiliyah Awaliyah, yang mayoritas berbasis pesantren, sebanyak Rp. 1,2 juta per tahun untuk setiap guru. Pemprov Jabar, menurutnya, sangat terbuka menerima kehadiran FPP, dan siap untuk menjalin kerjasama.

REPORTASE : TRI BUDIONO

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.032157 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1337267
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.