Jumat, 22 November 2013, 13:32 –
Penggunaan BOS Harus Tepat Sasaran, Waktu dan Jumlah

**Kemenag Kab Bogor Gelar Bimtek

 

 

Ciawi-Kab. Bogor

 

Tak ingin adanya penyelewengan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kabupaten Bogor, Senin-Selasa (19-20/11) bertempat di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Ciawi  Tim Manajemen BOS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor menggelar Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Pendidikan bagi MI dan MTs serta Pondok Pesantren Salafiyah Wula/Wustho. Kegiatan ini diikuti ratusan para pengelola dana BOS di masing-masing MI dan MTs  dan PPS se-Kabupaten Bogor.

 

 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor Dr. H. Suhendra, MM mengatakan, bahwa penyelenggaraan dana BOS menjadi salah satu program pemerintah yang wajib dilaksanakan tanpa ada kesalahan. “Ini program pemerintah, jadi harus kita wujudkan dengan sebaik-baiknya, dan jangan ada kesalahan pemanfaatan,”kata Suhendra.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, tambah dia, pihaknya akan terus melakukan koordinasi hingga monitoring dalam penyelenggaraanya karena memang untuk penyaluran dana BOS ada tim manajemen BOS. “Sudah ada tim manajemen BOS di Kemenag, tinggal meningkatkan kualitas pengawasannya,”ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Dikmad) Drs. H. Mat Nur, MM menjelaskan, bahwa Dana BOS dalam Pengelolaannya harus  tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah.“Tentunya harus berdasarkan juklak juknisnya, jangan sampai penggunaan dana BOS tidak tepat sasaran,”kata Mat Nur. Bahkan, kata dia, wajib hukumnya pengelola dana BOS mengetahui penggunaan dana BOS sesuai aturan yang berlaku. “Kita harus mengerti BOS itu untuk apa saja dan dan yang tidak untuk apa saja,“ujarnya.

 

Karena itu, menurutnya selama ini masih ada beberapa madrasah yang tidak tepat waktu dalam melakukan pencairan dana BOS. “Jangan sampai dana BOS yang masuk baru diambil di triwulan berikutnya, dan adanya alasan Kepala Madrasah  naik haji, serta tidak mampu membuat SPJ karena operatornya berhenti, jadi kalau ada masalah seperti itu segera koordinasi dgng pengawas dan Dikmad,”pungkasnya.

 

 

kegiatan Bimtek tersebut diselenggarakan selama dua hari mulai 19-20 November 2013, dengan mengambil narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Pengawas Pendidikan Kemenag Kab Bogor, dan operator BOS pada seksi Dikmad sebagai tim manajemen BOS

Kontributor : Ade Irawan

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.027047 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1333101
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.