Senin, 16 September 2013 – Pendis & Madrasah
Kemenag Sosialisasikan Verval NUPTK

Cibinong-Kab BogorNomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) menjadi modal utama bagi seorang guru maupun pegawai di madrasah atau sekolah. Karena dengan NUPTK ini maka setiap guru dan tenaga kependidikan akan secara resmi memiliki data yang valid sebagai pendidik dan pengelola lembaga pendidikan dan akan memudahkan siapapun yang memilikinya untuk mengurus berbagai kebutuhan dunia pendidikan salah satunya program sertifikasi guru. Untuk meningkatkan pemahaman dan informasi mengenai pendataan dan penerbitan NUPTK, Jumat (13/9) bertempat di Aula Kemenag Kab Bogor, Seksi Pendidikan Madrasah menggelar sosialisasi bagi para Ketua MK2MI, MK2MTs dan MK2MA serta pengurus IGRA.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs. H. Mat Nur, MM menyatakan, Kemenag akan terus mensosialisasikan pelaksanaan verifikasi dan validasi (verval) NUPTK bagi guru-guru dilingkungan Kemenag Kab Bogor. “Karena ini sangat penting, kalau guru tak punya NUPTK maka dia akan kesulitan dalam berbagai menerima program pemerintah,”kata Mat Nur.

Karena berkaitan dengan data, tambah dia, tentunya teknisnya akan menggunakan format yang sudah ada sehingga nanti semua guru madrasah mulai dari RA, MI, MTs dan MA akan terdata secara valid. “Dengan Verval ini nanti akan kita ketahui mana guru yang masih aktif dan yang tidak,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua MK2MI Kabupaten Bogor M. Darum, S.Ag menjelaskan, jika NUPTK merupakan kode khusus bagi setiap guru dan tenaga kependidikan. “Hanya dia yang memiliki nomor uniknya, jadi nggak bisa ditukar dengan guru atau pendidik lain,”kata Darum.

Verifikasi dan validasi ini, menurutnya penting hal itu sebagai upaya mencari data pendidik dan tenaga kependidikan yang valid sehingga akan memudahkan kebutuhan dunia pendidikan khususnya SDM pendidik itu sendiri. “Kalau kita sudah punya database guru yang baik tentu akan memudahkan pemetaan guru dan tenaga kependidikan kedepannya,”pungkasnya.

Kontributor : Ade Irawan

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.034890 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1197470
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.