Jumat, 30 Agustus 2013 – Bidang Haji & Umroh
CALON HAJI 2013 KAB. KUNINGAN IKUTI MANASIK MASAL II

Islamic Center – Kab. KuninganSebagai upaya meningkatkan pemahaman pelaksanaan ibadah haji tahun 2013, seluruh calon jemaah haji asal Kabupaten Kuningan mengikuti kegiatan Manasik Massal II yang diselenggaraka selama 2 (dua) hari mulai tanggal 26 /d 27 Agustus 2013 bertempat di Komplek Kuningan Islamic Centre ( KIC) . Kegiatan Manasik Masal II merupakan rangkaian pembinaan yang dilakukan Panitia pemberangkatan jemaah kab. Kuningan, mulai dengan pelaksanaan Manasik Massal I pada tanggal 15 Juni 2013 dan pelaksanaan manasik di tingkat wilayah/ Kecamatan se Kab. Kuningan.

Bupati Kuningan yang diwakili Kepala Bagian Kesra Pemda Kab. Kuningan Drs. H. Toto Toharudin , M.Pd membuka langsung Mnasik Masal II ini. Dalam sambutan dan arahannya Kabag Kesra meminta kepada seluruh Calhaj asal Kab. Kuningan yang berangkat tahun ini harus bersyukur dan mengikuti seluruh kegiatan pembinaan dan bimbingan yang dikemas dalam kegiatan manasik haji ini, karena seluruh informasi dan tatacara pelaksanaan ibadah haji disampaikan dalam acara ini termasuk praktek pelaksanaan haji yang dilaksanakan pada pelaksanaan haji yang sebenarnya nanti di Arab Saudi. Jadi ikuti dengan seksama dan serius tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kuningan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan manasik haji merupakan salah satu kebijakan Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan terhadapa calon jemaah haji Indonesia dari mulai tingkat pusat sampai tingkat kecamatan. Tentunya pelaksanaan bimbingan manasik akan sangat dirasakan dan sangat berguna bagi seluruh calhaj yang siap diberangkatkan tahun ini.

Bimbingan manasik haji merupakan agenda rutin bagi calon jemaah haji, karena di dalamnya disampaikan pembinaan dan bimbingan baik materi teori yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji, informasi-informasi pelakanaan ibadah haji mulai saat berada di tanah air, pemberangkatan haji, pelkaksanaan ibadah haji di Arab Saudi, pemulangan ke tanah air, dan materi praktek ibadah haji, dari mulai lempar jumroh, Tawaf , sa’I dan lain-lain diberikan dalam manasik haji ini.

Kakemenag meminta kepada seluruh calaon jemaah haji mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunggu dan para pembimbing agar memberikan bimbingannya dengan maksimal. Hal ini dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan pemahaman seluruh calhaj, agar dalam pelaksaan ibadah haji yang sebenarnya nanti mereka minimalnya sudah ada bekal dan tidak canggung lagu , ungkapnya.

Sementara itu Kepala Urusan Haji dan Umroh H. Hamzah Rukmana dal am laporannya mengatakan bahwa calon jemaah haji Kab. Kuningan yang siap berangkat tahun ini berjumlah 790 orang berikut petugas haji, dan tergabung dalam kloter 55 dan 56 serta 4 orang jemaah non KBIH tergaung dalam kloter 22.

H. Hamzah menambahkan bahwa jadwal pemberangkatan calhaj Kab. Kuningan untuk kloter 55 tanggal 03 Oktober 2013 jam 06.00 masuk Asrama Haji Bekasi sedangkan kloter 56 masuk Asrama Haji jam 09.00 pada tanggal yang sama. Rencananya pemberangkatan dan pelepasan dari Kab. Kuningan pada tanggal 2 Oktober 2013 dan untuk waktunya disesuaikan dngan jadawal masuk Asrama Haji Bekasi.

Reportase : Zaenal Arifin

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.029064 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 786633
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.