Jumat, 19 Juli 2013 –
JABAR RAIH PERINGKAT KETIGA POSPENAS KE VI 2013 DI GORONTALO

Gorontalo,Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional ( Pospenas ) merupakan ajang pembinaan para santri yang tergabung dalam pondok pesantren. penyelenggaraan Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional yang secara periodek diselenggarakan 3 tahun sekali bertujuan untuk menggali potensi para santri dibidang olah raga dan seni, disamping sebagai momentum yang berfungsi sebagai wahana perekat kerukunan serta persatuan kesatuan dikalangan Pondok Pesantren.

Pelaksanaan POSPENAS tahun 2013 di Gorontalo adalah ke VI kalinya dengan mengambil tema “ Merajut Persaudaraan, Berprestasi dan Berdaya Saing “ dengan sub tema Santri Indonesia Bugar,Kreatif dan Sportif,Berprestasi dan Menjunjung Tinggi Ukhuwah Islamiyah. Event POSPENAS VI Tahun 2013 dimulai sejak tanggal 24 – 30 Juni 2013, dengan memperlombakan 22 cabang pertandingan. 10 pertandingan olah raga dan 12 pertandingan seni. Provinsi Jawa Barat tidak mengikuti semua cabang yang dipertandingkan.

Opening ceremony POSPENAS Ke VI Tahun 2013 ini, dibuka langsung oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Prof.Dr.Nazaruddin Umar,MA didampingi beberapa Eselon I dan Deputi terkait dalam penyelenggaraan POSPENAS Tahun 2013.Dalam sambutannya, Wakil Menteri Agama RI memberi motivasi kepada seluruh kontingen agar bertanding secara fair dan sportif. Karena semangat yang ingin didapat adalah silaturrahim, dan bukan semata mencari kemenangan. Kemenangan tanpa kejujuran bukanlah suatu prestasi, melainkan suatu malapetaka yang dapat menjadi petaka, mengingat Pondok Pesantren adalah wadah ilmu untuk membina generasi muda islami yang penuh dengan teladan serta ahlak mulia.

Adapun penutupan Pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) VI di Provinsi Gorontalo secara resmi ditutup oleh Menteri Agama RI H. Suryadharma Ali, Minggu (30/06) malam.

Hasil kejuaran yang masuk dalam 3 besar perolehan medali masih didominasi pesantren-pesantren yang berasal dari Pulau jawa sebagaimana berikut : 1) Jawa Timur: 22 Emas, 6 Perak, dan 4 Perunggu, 2) Jawa Tengah: 14 Emas, 6 Perak, dan 11 Perunggu, 3) Jawa Barat: 9 Emas; 5 Perak, dan 8 Perunggu.Adapun raihan emas yang diperoleh Tim Jabar dalam Pospenas tersebut adalah 6 emas pada cabang olahraga : Atletik 3000 M putri, Tolak Peluru Putri, Tennis Meja Tunggal Putra, Tennis meja Beregu Putra, Bola Basket Putra, Senam Santri Putri. Sementara 3 emas lainnya diperoleh pada bidang Seni, yaitu : Photography Islami Putri, Fragmen Putra, dan Cipta Puisi Putri.

Adapun raihan perak diperoleh melalui cabang olahraga : atletik Lari Putri 100 m dan Lari Putri 800 m, Lompat Jauh Putri, Pencak Silat Putra Kelas 71-75 kg, serta Pidato Bahasa Indonesia Putri.

Sementara raihan perunggu yang diperolah Tim Pospenas Jabar adalah pada cabang : Atletik Lari Putri 200 m, Atletik Lari Estafet Putri 4×100 m, Lari Estafet Putri 4×400 m, Tenis Meja Tunggal Putra, Pencak Silat Ganda Putra, Senam Santri Putra, Fotografi Islami Putra, dan Pidato bahasa Arab Putri.

Reportase : Humas Kanwil Jabar

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.031957 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.4
Jumlah pengunjung: 1164836
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.