Selasa, 21 Mei 2013, 05:38 –
Menteri Agama RI : Perluas Program Ponpes Vokasional

Cijeruk – Kab. BogorMenteri Agama RI, H. Suryadharma Ali bertekad untuk mengembangkan Program Pondok Pesantren Vokasional yang dapat memberikan keterampilan dan menjadikan santri bermanfaat bagi warga sekitar. Pernyataan ini diungkapkannya pada acara istighotsah kubro dan peresmian masjid Ponpes Assiddiqiyyah 7 pimpinan KH. Noer Muhammad Iskandar, Cijeruk Kab. Bogor, Jum’at (17/05).

Menag RI menyatakan bahwa Program pesantren vokasional akan terus diperluas ke beberapa pesantren lain. Karena menurutnya program vokasional ini, selain mendidik santri menjadi lebih terampil, juga memberi manfaat bagi warga sekitar. Program pesantren vokasional ini, juga mengarahkan para santri lulusan untuk menguasai ilmu terkait bidang tersebut.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, DR H. Ace Saefudin mengatakan program pondok pesantren vokasional ini sudah menjadi program Kemenag. Pondok Pesantren yang masuk dalam program vokasional itu, selain memberi keterampilan para santri dengan kewirausahaan, santri memiliki tanggung jawab sosial. “Kita berikan bantuan pesantren yang memiliki kemampuan kewirausahaan sesuai dengan potensi geografis Pesantren,” ungkapnya.

Direktur PD Pontren menambahkan bahwa Pesantren Assiddiqiyah 7 ini memiliki keistimewaan program vokasional, yakni di bidang peternakan, pertanian dan budidaya ikan air tawar. Menurutnya program vokasional telah dilaksanakan di beberapa Pondok Pesantren dengan berbagai kekhasannya seperti Pondok Pesantren Tremas di Pacitan, yang menjalankan program pesantren vokasional khusus otomotif bekerjasama dengan Honda, Pondok Pesantren Assalam di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang fokus menjalankan program bidang perkebunan karet dan sawit, Pesantren Assalam di Palangkaraya ini mempunyai kebun kelapa sawit seluas enam hektar dan perkebunan karet seluas dua hektar, yang dikelola langsung oleh santri, Pesantren Sidogiri, di Jawa Timur, yang telah mengembangkan secara baik pengelolaan bidang ekonomi di unit usaha koperasinya. Saat ini sedang diluncurkan, progam Pondok Pesantren Broadcast di Cirebon. Dan Pondok Pesantren Animasi di Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Prov. Jabar, H. Saeroji, Bupati Bogor, H. Rahmat Yasin dan Pengasuh Assiddiqiyyah 7 KH. Noer Muhammad Iskandar.

Reportase : Deden Dharmawan

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.037707 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1286369
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.