Sabtu, 11 Mei 2013, 03:50 –
Penyelenggara Syariah Kemenag Kota Cirebon Gelar Bahtsul Masail Zakat Profesi

Jl. Terusan Pemuda – Kota Cirebon Penyelenggara Syariah Kemenag Kantor Kota Cirebon menggelar Bahtsul Masail Zakat Profesi dengan tema Optimalisasi Pengelolaan Zakat Profesi Menuju Kebangkitan Ekonomi dan Kesejahteraan Umat melalui Multi Manfaat Zakat, di Aula Kemenag Kantor Kota Cirebon, Selasa (07/05). Kegiatan diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari pengurus BAZDA Kota Cirebon, UPZ Kemenag dan UPZ Setda Kota Cirebon

Kepala Kemenag Kantor Kota Cirebon Drs. H. Abudin, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan dalam alquran, banyak sekali ditemukan ayat- ayat tentang perintah sholat dan perintah zakat. zakat merupakan ibadah maliyyah ijtima’iyyah yang memiliki peran dan posisi sangat penting, strategis dan menentukan baik di lihat dari ajaran islam maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan umat.

Oleh Karena itu, tambah Kakemenag dalam rangka optimalisasi dan pemberdayaan zakat (profesi) di kota Cirebon, kantor kemenag kota Cirebon melalui seksi Penyelenggara syariah bekerjasama dengan BAZ Kota Cirebon merasa terpanggil untuk mensikapi dan mencarikan solusi yang tepat dan strategis untuk kesepahaman dan kebersamaan dalam zakat profesi.

Penyelenggara Syariah, DRS.H.MUSLIM MUCHLAS dalam laporannya menyampaikan di Kota Cirebon masih menemukan beberapa hambatan dan kendala yang cukup signifikan. Kendala dan hambatan yang dimaksud adalah masih adanya sudut pandang dan pendapat yang berbeda, seperti : batasan NISHOB, apakah ketentuan zakat profesi itu diambil dari penghasilan bruto atau penghasilan netto.

Kondisi tersebut mendorong Kemenag Kota Cirebon untuk mengkaji dan dibahas melalui kegiatan BAHTSUL MASAIL dengan harapan akan ditemukan kesepakatan tentang batasan NISHOB dan yang lainnya terkait zakat profesi sekaligus langkah awal untuk program optimalisasi pemberdayaan zakat profesi secara menyeluruh di Kota Cirebon. “Mudah-mudahan dapat menghasilkan kesepakatan dan keputusan tentang tata cara, proses pengeluaran dan proses pemberdayaan zakat profesi di Kota Cirebon.” Ujar Penyelenggara Syariat. (tommy)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.649284 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 1214768
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.