Sabtu, 27 April 2013 – Pendis & Madrasah
MK2MI dan Pengawas PAI Kemenag Kab. Bandung Barat Gelar Rapat Persiapan UKK

Padalarang – Kab. Bandung BaratDalam menghadapi Ujian Kenaikan Kelas, (UKK) tahun ajaran 2012/2013 kali ini pengawas pendidikan Agama Islam bersama-sama dengan MK2MI menggelar rapat persiapan UKK, Senin (22/04) di Aula Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat. Dalam rapat tersebut dibahas prihal hasil akhir dari Kompetisi Pendidikan dan Sains Madrasah (KOMPASS) sekaligus membahas mengenai pembuatan soal dalam UKK mendatang.

Kepala Kementerian Agama Kab. Bandung Barat, H. Imron Ma.g mengatakan sudah selayaknya soal-soal yang dibuat memiliki bobot sesuai kurikulum. Dalam pembuatannya juga harus memperhatikan siapa yang membuat soal. Seyogyanya pembuat soal memiliki kemampuan khusun jangan sampai dari soal-soal yang dibuatnya menimbulkan masalah. Artinya soal-soal tersebut harus pas dan sesuai dengan kemampuan anak-anak serta sesuai dengan apa yang diajarkan di kelas.

“Harus diperhatikan permasalahan intra dan ekstranya, apa kekurangan dan kelebihannya, dikaji dilaksanakan dan diselesaikan, nah di akhir proses harus ada evaluasi apakah soalnya pas atau tidak,” Ucap Kakemenag.

Kakemenag mengusulkan agar MK2MI dan pengawas membuat Bank Soal dimana didalamnya terdapat macam-macam soal yang bisa digunakan setiap akan dilaksanakan Ujian sehingga tidak perlu repot-repot lagi membuat soal, tetapi tinggal memilih saja soal nomor berapa yang akan digunakan. Namun kerahasiaannya harus dijaga dan jangan sampai bocor.

Sementara itu, Ketua MK2MI, Agus Kosasih, mengatakan selama ini banyak pihak yang menganggap Soal soal ujian MI tidak berbobot dan kurang bermutu. Karena itulah diperlukan pembahasan khusus untuk dapat membuat soal yang bermutu. Dalam kesempatan kali ini, Lanjutnya dalam pembuatan soal dilibatkan pada masing-masing wilayah untuk membuat soal. Diharapkan pembuatan soal kali ini dapat berjalan baik dan lebih bermutu.

Selain membahas mengenai persiapan UKK, MK2MI juga memberikan pengumuman perihal pelaksanaan kegiatan KOMPASS di MI Al Adzkar Padalarang . Dalam kegiatan KOMPASS kali ini untuk pertama kalinya Kab. Bandung Barat mengutus wakilnya yang berasal dari MI Al Islamiyah ke ajang nasional untuk cabang Matematika Putri. Diharapkan pelaksanaan KOMPASS tahun depan Kabupaten Bandung Barat dapat mengutus perwakilan di semua cabang pertandingan serta menjadi juara baik di tingkat Provinsi maupun secara nasional.

Reportase : Evi Agustin

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.023823 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1095287
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.