Selasa, 16 April 2013, 02:49 – Kankemenag
Irjen Kemenag. RI : Jadilah Abdi Negara yang Jujur dan Tidak Menyalahgunakan Kekuasaan

Jl. Kutamaya – Kab. Sumedang Irjen Kemenag RI DR. H. Moch Jasin hadir memberikan pembinaan kepegawaian yang diselenggarakan Kementerian Agama Kantor Kab. Sumedang pada yang diikuti oleh sekitar 300 orang terdiri dari pejabat daerah (Pengawas Pendais Kepala KUA, Kepala Madrasah negeri dan Swasta, Penyuluh Agama Islam) dan Pejabat di lingkungan Kantor Kemenag. Kab. Sumedang (Kasubbag TU dan Para Kepala Seksi dan Pejabat Fungsional lainnya. di Aula Kemenag. Kab. Sumedang Rabu (27/3).

Dalam laporannya Kepala Kementerian Agama Kab. Sumedang memaparkan seluruh potensi yang dimiliki kementerian Agama kantor Kab. Sumedang. Pada kesempatan itu Kepala Kantor memaparkan sejarah berdirinya Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kementerian Agama kantor Kab. Sumedang yang dananya diperoleh dari swadaya murni warga Kemenag. Kab. Sumedang. Selanjutnya Kepala Kantor menyampaikan juga keinginan Kemenag Sumedang untuk memiliki Sarana Pelayanan Haji terpadu agar dapat memudahkan para calon Jamaah Haji dalam mengurus pendaftaran Haji.

Diakhir laporannya Kepala Kantor berharap Melalui Pembinaan Kepegawaian di lingkungan Kementerian Agama Kab. Sumedang, dapat meningkatkan Profesionalitas dan Integritas Aparatur Kementerian Agama dalam pelayanan masyarakat demi terwujudnya kementerian Agama kab. Sumedang yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme,

Dalam Pembinaannya Irjen Kemenag. RI menyampaikan beberapa peristiwa penting yang terjadi di Kementerian Agama, Pada akhir tahun 2012 tanggal 18 Desember Penandatanganan Zona Integritas yang mana kita harus berintegritas, harus menyusun tata kelola pemerintahan yang baik, harus professional, Zona Integritas ini ditandatangani oleh Menteri Agama disaksikan oleh Instansi lain, yakni KPK yang mengawasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB, Ombusman Republik Indonesia (ORI). 26 Desember 2012, penandatanganan kesepakatan antara Irjen dan Ketua PPATK mengenai pelaporan transaksi keuangan, kerjasama tukar menukar informasi, Pendidikan dan Riset.“Dengan adanya Nota Kesepakatan Kerjasama itu sehingga diharapkan bahwa kita menjadi abdi Negara yang jujur dan tidak menyalahgunakan kekuasaan.”

Menaggapi masalah KUA irjen menyampaikan selama ini biaya nikah bervariasi tergantung pelaksanannya, standarnya tidak menentu, tidak ada kepastian hukum jadi hal ini harus ditata sehingga Pada 7 Maret 2013 disepakati 8 konsepsi biaya nikah, dan Menteri Agama menyuruh mengembangkan konsep sesuai dengan tipikal geografisnya.

Lebih lanjut irjen menyampaikan pada pertengan Maret ini, terjadi Kerjasama antara Direktorat Haji dan Kepolisian untuk menindak KBIH terutama Penyelenggara Haji Plus yang nakal, akan diusut dan ada pidananya. Tanggal 26 Maret 2013 Irjen tandatangani kerjasama dengan Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI).Menurut Irjen untuk Kemenag kab. Sumedang temuan BPKP sebesar 216. 800.000,- sudah ditindak lanjuti, saldonya kosong, jadi tidak punya utang lagi ujar irjen. “Laporan hasil temuan BPKP dan Irjen sudah ditindak lanjuti, Sumedang bagus minim masalah dan harus dipertahankan”. Demikian ujarnya.

Menanggapi masalah Gedung Sarana penunjang Pendidikan Kementerian Agama kantor kab. Sumedang, Irjen mengatakan;” Mengenai gedung ini kita sudah mensyukurinya, selanjutnya gedungnya harus dijadikan asset Negara diserahkan pada Kementerian Keuangan Dirjen Pembendaharaan, sehingga mendapat biaya pemeliharaan; harus ada record bahwa penghimpunan dana ini tidak didasarkan atas paksaan, tapi atas keikhlasan; harus diyakinkan pada aparat Pengawas, bahwa ini tidak ada unsur paksaan; agar kita punya nilai keabsahan yang bagus atas pembiyayaan nanti ada acuan khusus bahwa ini dapat dipasang prasarana yang berasal dari APBN Demikian Irjen mengakhiri arahannya.

Reportase : Hasan Bisri

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.045145 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1275119
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.