Jumat, 5 April 2013, 02:59 –
Menteri Agama Hadiri Panen Raya di Ponpes Al Zaitun

Haurgeulis – Kab. IndramayuMenteri Agama RI, H. Suryadharma Ali, menghadiri panen raya di pondok pesantren Al Zaitun Haurgeulis Kab. Indramayu, Rabu (03/04). Panen raya diawali dengan pemotongan padi jenis Sido Milir Suda.

Dalam sambutannya, Menag Suryadharma Ali menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Ponpes Al Zaitun yang dipimpin oleh Panji Gumilar yang begitu serius mengelola ponpes, termasuk di dalamnya pembelajaran pertanian bagi para santrinya. Menag berharap dengan temuan ini, petani ke depan dapat memperoleh hasil lebih baik lagi. Penemuan padi jenis ini merupakan bagian dari upaya menciptakan ketahanan pangan bagi negeri ini.

Menag memandang bahwa di Ponpes ini, santri diperkenalkan dengan realitas yang ada. Seperti lingkungan pertanian, hewan dan teknologi lainnya. Tidak melulu mengandalkan buku teks yang dibuat dua puluh tahun lalu, tetapi santri diajak berkreasi, melakukan inovasi dan kegiatan olahraga lainnya. Untuk itu pula ia minta prestasi yang sudah dicapai itu agar terus dikembangkan.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al Zaitun, Panji Gumilang menjelaskan bahwa padi jenis Sido Milir Suda merupakan jenis padi istimewa. Selain kuat terhadap terpaan angin, tahan dari rontok dan memiliki butir banyak. Anak padi bisa mencapai 20 batang, butiran sekitar 560. Untuk satu hektare bisa menghasilkan 60 ton gabah kering. Itu perhitungan saat musim kemarau. Jika musim hujan bisa lebih banyak lagi. Ia mengungkapkan dalam setahun bisa tiga kali panen dengan menggunakan air di sawah dalam kondisi normal. Saat ini di kawasan persawahan Ponpes itu ditanam sekitar 1 hektare.

Hadir dalam panen raya tersebut pejabat di lingkungan Kementerian Agama RI maupun Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat seperti Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren , H. Ace Saefuddin, Kapuslitbang Kerukunan Agama Kemenag H. Nurcholis Setiawan, Setditjen Bimas Islam H. Muhammadiyah Amin, Pgs. Kakanwil kemenag Prov. Jawa Barat, Dr. HM. Athoillah, M.Ag dan Kepala Kantor Kemenag Kab. Indramayu, H. Yayat Hidayat.

Reportase : Deden Dharmawan

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.022404 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1328014
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.