Rabu, 6 Februari 2013, 05:42 – Pendis & Madrasah
RA dan Madrasah Terima Sertifikat Akreditasi

CIBINONG-KAB. BOGOR

Akreditasi menjadi salah satu tolak ukur kepercayaan masyarakat dalam memasukan anak didiknya kesebuah lembaga pendidikan. karena, nilai akreditasi suatu sekolah menjadi jaminan mutu bagi pelaksanaan pendidikan di suatu sekolah atau madrasah. begitulah penegasan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Dr. H. Suhendra, MM dalam kegiatan penyerahan Sertifikat Akreditasi Raudahtul Athfal (RA) Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Aula Kemenag, Senin (04/02).

Lebih jauh pria bergelar doktor ini menjelaskan, saat ini madrasah dituntut memiliki berbagai kemajuan hal itu sebagai penunjang minat siswa dan orang tua dalam menyekolahkan anaknya ke madrasah. “Madrasah harus menerima respon masyarakat tersebut dengan membuktikan melalui proses akreditasi yang baik,”bebernya.

Selama ini, tambah dia, proses akreditasi tiap tahunnya terus berganti-ganti sesuai kemampuan dan tahapan madrasah yang bersangkutan dalam mempertahankan nilai yang diperoleh sehingga peran nilai akreditasi bisa menjadi penentu kemauan orangtua dalam menyekolahkan anak-anaknya. “Masyarakat terkadang terlebih dahulu mengecek status sekolah atau madrasah jika akan memasukan putra-putrinya melihat hal tersebut nilai akreditasi menjadi penting,”kata Suhendra.

Sedangkan, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs. H. Mat Nur, M.Si menyatakan, untuk tahun ini akreditasi diberikan kepada 108 madrasah dengan berbagai nilai seperti A, B dan C. “Hari ini sebanyak 108 dari berbagai tingkatan seperti RA, MI, dan MTs yang menerima sertifikat akreditasi,”kata Mat Nur.

Rinciannya, tambah dia, ada 5 RA yang memperoleh nilai A, 2 dengan nilai B dan 1 nilainya C. sedangkan untuk MI sebanyak 5 MI bernilai A, 59 MI bernilai B dan 12 bernilai C sedangkan untuk tingkat MTs terdapat 2 MTs bernilai A, 9 MTs bernilai B dan 2 MTs bernilai C. “Kita berharap ini bisa terus meningkat,”ujarnya.

Sementara itu, ketua Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Kemenag Kab Bogor Drs. Edy Mulyadi, M.Pd.I berjanji akan terus memantau dan membantu proses peningkatan akreditasi madrasah tiap tahunnya sehingga yang bernilai di bawah A bisa menjadi lebih baik lagi. “Akan terus kita bantu dan dorong agar semuanya bisa bernilai A,”pungkasnya.

REPORTASE : ADE IRAWAN

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.025855 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1270587
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.