Senin, 10 Desember 2012 –
Kankemenag Bogor : UAS Salah Satu Tolak Ukur Keberhasilan Guru

LEUWISADENG-KAB. BOGOR

Ujian akhir sekolah (UAS) hingga saat ini masih merupakan evaluasi belajar bagi para siswa di sekolah tak terkecuali di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Babakansirna Leuwisadeng. Ribuan siswa dengan serius mengikuti UAS yang diselenggarakan pihak sekolah dari senin-sabtu kemarin (4-8/12). Mereka berusaha sekemampuan mereka membuktikan jika apa yang sudah diajarkan oleh guru mereka mampu diuraikan melalui UAS kali ini.

“Ujian akhir sekolah hingga saat ini masih menjadi tolak ukur bagi kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah saat ini,”kata Kepala MTsN Model Babakansirna H.M. Bunyamin, M.Pd.

Menurutnya, dengan adanya UAS maka setiap siswa memiliki kewajiban untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya selama dia menuntut ilmu atau belajar di sekolah. “Tetap ukurannya UAS ini, jadi kita juga bisa melihat seberapa tinggi dan rendahnya kemampuan anak,”bebernya.

Selain UAS, tambah dia, memang ada beberapa aspek lainnya yang menjadi penilaian bagi para guru namun secara akademis atau tahapan kalender pendidikan baik sekolah muupun tingkat nasional UAS memiliki porsi yang lebih tinggi. “Hingga saat ini UAS merupakan kewajiban sekolah sebagai penyelenggara dan anak wajib mengikutinya,”tegasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab Bogor Dr. H. Suhendra, MM, saat memantau pelaksanaan UAS di MTsN Model Babakansirna dan MTsN Parung mengatakan, proses UAS bisa memberikan ukuran penilaian seorang guru dan sekolah. “Ukurannya bisa dilihat nanti sejauh mana keberhasilan guru dalam mentransfer ilmunya, jadi UAS bisa menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan guru dalam mengajar, ”kata pria bergelar doktor ini.

Untuk itu, UAS sebagai bahan evaluasi tentunya harus dilaksanakan secara integral dan memiliki nilai ukur sehingga kedepan anak-anak sebagai objek dalam KBM bisa terus dikembangkan kemampuannya ke arah pendidikan terbaiknya. “Sekolah harus punya ukuran agar tingkat keberhasilannya bisa terus ditingkatkan,”pungkasnya.

Reportase : Ade Irawan

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.030035 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1104486
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.