Sabtu, 10 November 2012, 20:12 –
Kemenag Kab. Kuningan Gelar Pembinaan Penyuluh non PNS

Kab. KuninganDalam upaya memaksimalkan peran dan fungsi penyuluh agama islam dalam membina umat khususnya mental keagamaan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan menggelar pembinaan penyuluh Agama Islam Non PNS se-Kabupaten Kuningan di Aula Baznas Kuningan, Selasa (06/11). Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti sebanyak 200 (dua ratus) peserta.

Dalam sambutan dan Arahannya, Kasubbag Tu, yang juga Plh. Kepala Kantor Kemenag Kab. Kuningan, H. Yusron Kholid, S.Ag. M.Si menyampaikan bahwa tugas penyuluh Agama Islam begitu berat, namun sangat mulya di hadapan Allah. Oleh sebab itu ia memaparkan “Harus kita maklumi posisi penyuluh agama Islam dalam melaksanakan tugasnya sangat strategi dalam menyampaikan informasi-informasi maupun kebijakan-kebijakan pemerintah baik yang berkaitan langsung dengan pesan-pesan keagamaan maupun kebijakan pemerintah secara umum. Maka dalam kesempatan pembinaan inlah pentingnya suatu upaya bagaimana kementerian Agama memaksimalkan dan mengoptimalkan peningkatan mutu atau kualitas penyuluh agama Islam khususnya yang berstatus non PNS, sehingga peran dan fungsinya bisa memberikan kontribusi positif dalam membina umat baik fisik materil maupun mental spiritual masyarakat.”

Kepala Seksi Penamas Drs. H. Udi Suwardi selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa dari hasil diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh penyuluh agama non PNS, informasi-informasi dan kebijakan-kebijakan pemerintah khususnya dalam optimalisasi merealisasikan visi dan misi Kementerian Agama bisa diterima secara merata oleh seluruh penyuluh non PNS. Adapun tujuan yang diharapkan antara lain ; Untuk lebih memahami tugas dan fungsi sebagai penyuluh agama Islam; Meningkatkan peran dan fungsi penyuluh agama Islam dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat; serta lebih memahami dalam melaksanakan tugas bimbingandan penyuluhan serta pelaksanaan pelaporannya.

Pada kesempatan terpisah Drs. Dedi Supriadi selaku pengurus Pokjaluh Kab. Kuningan menyatakan “kita ingin buktikan kepada publik eksistensi dan kontribusi penyulh Agama Islam baik yang PNS maupun non PNS tidak bisa dipandang sebelah mata. Kita maklumi bahwa pengabdian penyuluh agama Islam kepada masyarakat, bangsa dan negara khusunya dalam membina mental spiritual apalagi bagi penyuluh non PNS yang hanya mengandalkan honor yang diterima perbulannya.” Menurutnya walaupun yakin sekali bahwa mereka iklas dan mengharapkan nilai ibadah di hadapan Allah, namun bentuk perhatian lebih dari pemerintah sangat diharapkan dalam menunjang dan mengimbangi perannya yang cukup berat.

Reportase : Zaenal Arifin

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.032063 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1332390
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.